Diskusi soal debat perdana - Medcom.id/Damar Iradat.
Diskusi soal debat perdana - Medcom.id/Damar Iradat.

Masyarakat Diminta Tetap Pelototi Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Damar Iradat • 19 Januari 2019 15:08
Jakarta: Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin Benny Rhamdani meminta publik tetap mengikuti debat pilpres selanjutnya. Pasalnya, dari debat, bisa diketahui kualitas calon seorang pemimpin.
 
"Ikuti debat pilpres 2,3,4 dan terakhir secara baik. Amati secara cermat, karena apa yang akan disampaikan," kata Benny dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Januari 2019.
 
Dia menyebut dalam debat akan tersampaikan baik ide, gagasan, agenda aksi lima tahun ke depan dari pasangan calon. Hal itu juga akan membuktikan orisinalitas konsepsi ideologis yang sudah dikonstruksikan dari masing-masing paslon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Benny, dalam debat juga, Jokowi ingin membuktikan narasi-narasi besar tentang kebangsaan, kerakyatan, dan yang disebut dengan Trisakti. Ia memastikan Jokowi ingin menjadikan Indonesia negara yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, kepribadian secara budaya dalam lima tahun ke depan.
 
Dalam empat tahun kepemimpinannya selama ini, Jokowi sudah melakukan itu semua. Politikus Partai Hanura itu menyebut, selama ini juga tidak ada kebohongan atau ide-ide utopis.
 
"Jokowi tidak bicara tentang hal-hal yang bersifat teoritis. Seleksi kepemimpinan politik, memilih presiden adalah bagian menentukan masa depan indonesia selama 5 tahun," ujar dia.
 
(Baca juga:Debat Capres dan Cawapres Dinilai Masih Kaku)
 
Debat calon presiden dan calon wakil presiden direncanakan digelar sebanyak lima kali. Debat perdana telah digelar pada Kamis, 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
 
Debat kedua dijadwalkan digelar 17 Februari 2019 yang akan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Pada debat ini hanya akan diikuti oleh calon presiden.
 
Kemudian debat ketiga rencananya dilakasanakan pada 17 Maret 2019 dan akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial budaya. Debat ini hanya dilakukan oleh calon wakil presiden.
 
Selanjutnya debat keempat yang digelar 30 Maret 2019 dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat ini kembali hanya akan mempertemukan calon presidne.
 
Kemudian debat terakhir yang masih belum ditentukan jadwalnya ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan, dan industri. Debat kali ini konsepnya seperti debat pertama yang akan melibatkan kedua paslon.
 


 

(rnd, REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi