Ketua KPU Arief Budiman/Medcom.id/Krispen
Ketua KPU Arief Budiman/Medcom.id/Krispen

Debat Capres Kemungkinan di Jakarta dan Surabaya

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 30 November 2018 10:46
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mematangkan persiapan debat publik calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu Serentak 2019. KPU mempertimbangkan menggelar debat di dua lokasi berbeda.
 
"Untuk sementara opsinya masih Jakarta dan Surabaya," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 30 November 2018.
 
Baca: KPU Mulai Persiapkan Debat Capres-Cawapres

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU awalnya mempertimbangkan lokasi debat di tiga lokasi berbeda, yakni Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Plihan lokasi debat di luar Jakarta dilakukan agar pilpres tidak hanya terpusat di Ibu Kota.
 
"Namun secara teknis itu sangat merepotkan, pasangan calon, timnya, pendukungnya kan harus menyiapkan ke sana. Lalu merepotkan juga bagi lembaga penyiaran, karena mereka pasti akan distribusi logistik, personil, dan itu merepotkan banyak pihak, jadinya sudah kita mengerucutkan hanya dua tempat saja Jakarta dan Surabaya," jelas Arief.
 
Baca: KPU Terima Masukan Isu Debat Capres
 
Arief mengatakan detail teknis pelaksanaan debat masih bisa berubah-ubah. Persiapan debat baru akan dimatangkan bulan depan.
 
"Terutama untuk debat sesi pertama yang dilaksanakan di bulan Januari, (persiapannya) Desember sudah harus selesai," ucap dia.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif