Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar. Foto: Medcom.id/Yogi Bayu Aji
Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar. Foto: Medcom.id/Yogi Bayu Aji

Bawaslu Selisik Aktivitas Jokowi dan Prabowo

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Achmad Zulfikar Fazli • 15 Januari 2019 10:41
Jakarta: Bawaslu meneliti penyampaian visi misi calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Hal ini dilakukan untuk menemukan ada atau tidaknya unsur kampanye.
 
"Kita akan melihat dua-duanya. Kita lihat pidato Pak Jokowi, kita juga lihat pidato Pak Prabowo. Apakah masuk dalam kategori kampanye atau tidak," kata Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019.
 
Jokowi sebelumnya menyampaikan visi misi yang disiarkan secara langsung di beberapa televisi swasta pada Minggu, 13 Januari 2019. Acara itu bertajuk "Visi & Misi Presiden RI 5 Tahun ke Depan Bersama Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan, Prabowo memaparkan visi misi dengan disiarkan langsung oleh satu televisi swasta pada Senin, 14 Januari 2019. Acara itu bertemakan Indonesia Menang.

Bawaslu akan berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dewan Pers untuk mengkaji unsur kampanye dari acara tersebut. Pasalnya, hal ini melibatkan penyiaran di televisi.
 
"Tapi rapat dengan KPI baru di hari rabu, kami akan bikin kajian terhadap yang ditampilkan, kalau memang mungkin akan ada mekanisme temuan pelanggaran administrasi ataupun temuan pelanggaran pidana," jelas dia.
 
Dia menerangkan pelanggaran ini bisa dilakukan pasangan calon ataupun stasiun televisi. Namun, dia memastikan tak akan mendiskualifikasi pasangan calon bila ditemukan melanggar. Sanksi yang diberikan hanya berupa teguran.
 
"Tidak berhubungan dengan pencalonan karena tidak ada pembatalan calon, enggak ada pembatalan calon," ujar dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif