Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq--Medcom/Cindy
Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq--Medcom/Cindy

TKN: Relawan dan Saksi Parpol Kawal Suara di TPS

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Cindy • 16 April 2019 08:33
Jakarta: Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq telah menginstruksikan relawan dan partai politik koalisi untuk mengawal suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masyarakat juga perlu membantu mengawasi, agar pemilu harus bersih, jujur dan adil.
 
"Kami juga meminta ada saksi dari relawan dan di luar relawan. Sehingga tidak ada kecurangan dan manipulasi suara," kata Maman di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 15 April 2019.
 
Jadi, lanjutnya, partisipasi publik dalam menggunakan hak konstitusinya itu penting. Seluruh masyarakat, kami minta ikut mengawasi proses demokrasi ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya pun telah membagi saksi dari partai koalisi dan relawan di sejumlah TPS. Relawan pun dibagi menjadi saksi di luar dan saksi dari partai. "Kita sudah membagi dengan jelas, misalnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jadi saksi di wilayah Sukabumi," contohnya.
 
Baca: TKN Sambangi KPU Audiensi Pemilu di Luar Negeri
 
Tak hanya itu, pihaknya juga membuka posko pengaduan kecurangan pemilu 2019. Masyarakat dapat melaporkan langsung pada posko pengaduan TKN di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf, Menteng, Jakarta Pusat.
 
"Kita juga siapkan beberapa aplikasi dan pelatihan relawan partai koalisi untuk mengawasi. Termasuk mengunduh foto bukti TPS masing-masing," ucap Maman.
 
Pemilu akan digelar pada 17 April 2019 dan menjadi pemilihan umum serentak yang pertama. Pemilihan meliputi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, kota dan kabupaten.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif