Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. (Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah)
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. (Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah)

NasDem: Usulan Pansus Pemilu Simbol Kepanikan

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 25 April 2019 18:39
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menilai tidak ada urgensi pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pemilu untuk mengungkap potensi kecurangan pemilu. Usulan itu hanyalah bentuk kepanikan dari pihak yang diprediksi kalah di Pilpres 2019.
 
"Jangan panik dengan dan memberikan pernyataan-pernyataan yang akrobatik di ruang publik sekarang ini," kata Johnny di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 25 April 2019.
 
Johnny mempertanyakan urgensi usulan pembentukan Pansus Pemilu. Gagasan dan usulan ini terlalu gegabah di tengah proses penghitungan suara yang masih berlangsung. Sementara, KPU pun belum menentukan siapa pemenang Pilpres 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini yang mau dipansuskan itu apa? hasil pemilu saja belum ada. Sangat prematur lah gagasan seperti itu," ujar Johnny.
 
Baca juga:KPU Sepakat UU Pemilu Perlu Direvisi
 
Semestinya, kata Johnny, semua pihak sama-sama mengawal proses penghitungan suara di KPU. Proses penghitungan suara bisa selesai secepatnya dan apabila ada kecurangan atau kesalahan bisa lekas teridentifikasi.
 
"Bahwa di sana-sini barang kali ada kekurangan atau ada kesalahan kan ada mekanismenya yang diatur oleh undang-undang," ucapnya.
 
Pembentukan Pansus Pemilu hanya akan membuat suasana dan tensi politik semakin keruh. Semua pihak harus berkomitmen membangun kembali tali silaturahmi masyarakat yang sempat terbelah imbas berbeda pilihan di Pilpres.
 
"Yang dibutuhkan masyarakat saat ini sinyal yang positif, diksi-diksi yang membangun silaturahmi yang merekatkan kembali masyatakat walaupun di sisi yang lain dinamisnya politik tetap kita jaga," jelas Plate.
 
Baca juga:Marak Laporan Salah Hitung Disebut Keberhasilan Pemilu Serentak
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengusulkan agar dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Pemilu untuk menginvestigasi dugaan kecurangan Pemilu 2019.
 
"Saya akan mengusulkan (dibentuk pansus), meski ini akhir periode. Kalau misalnya teman-teman itu menyetujui akan bagus untuk evaluasi ke depan," kata Fadli Zon, di ruangan kerjanya, di Lantai 3 Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Dikatakan politikus Gerindra itu, kecurangan yang terjadi cukup masif. Tidak hanya pasca-pemungutan suara, kecurangan bahkan sudah terlihat sebelum pemilu dimulai.
 
"Ini salah satu opsi (pilihan) yang bisa dilakukan. Ya, kalau dari paslon nanti terserah mau disikapi seperti apa kecurangan yang masif," ucap dia.
 
Jika dibentuk Pansus Pemilu, kata Fadli Zon, dapat melihat secara mendalam mengenai pelaksanaan Pemilu yang telah dilakukan. Hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki penyelenggaraan pemilu berikutnya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif