Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Ma'ruf Andalkan Pengalaman Hadapi Sandi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Arga sumantri • 17 Maret 2019 16:46
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin memastikan siap menghadapi debat ketiga Pilpres 2019. Ma'ruf akan mengandalkan pengalamannya menghadapi cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno di debat.
 
"Saya lebih lama hidup, jadi pengalaman saya lebih banyak. Nah kuncinya pengalaman," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Kendati lebih senior, Ma'ruf tak meremehkan Sandi. Bagi Ma'ruf, Sandi adalah sosok muda yang baik dan kreatif. "Kalau anak muda bisa jadi calon wakil presiden, tentu dia pintar," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'ruf dan Sandi akan tampil dalam debat ketiga malam nanti. Debat yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.
 
Berdasarkan susunan acara yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), debat cawapres terbagi ke dalam enam segmen.
 
Baca: Jelang Debat, Ma'ruf Isi Waktu dengan Keluarga
 
Segmen pertama dibuka dengan pemaparan visi-misi. Masing-masing kandidat diberi jatah waktu empat menit untuk memaparkan visi misi. Durasi pemaparan visi-misi ini bertambah satu menit dibanding debat sebelumnya.
 
Segmen kedua dan ketiga merupakan sesi pendalaman visi, misi. Pada kedua segmen ini, kandidat akan menjawab pertanyaan dari daftar pertanyaan yang disusun oleh sembilan orang panelis.
 
Namun demikian di sesi ini ada format berbeda dari debat-debat sebelumnya. Pada debat kali ini, kedua kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama.
 
Mekanismenya, kedua kandidat dipersilakan menjawab satu pertanyaan yang sama dari tim panelis. Kandidat diberi durasi waktu masing-masing dua menit untuk menjawab.
 
Setelah kedua kandidat memaparkan jawabanya, kini masing-masing kandidat dipersilakan saling menanggapi jawaban lawan dengan durasi waktu satu menit.
 
Segmen ke empat dan ke lima merupakan format debat langsung antarkandidat. Tiap segmen dibagi dalam dua sesi debat langsung. Pada sesi ini, moderator tak akan menyampaikan pertanyaan dari panelis. Kandidat akan saling langsung bertanya dan menjawab.
 
Mekanismenya, setiap kandidat diberi dua kali kesempatan mengajukan pertanyaan kepada kandidat lawan. Durasi yang diberikan untuk masing-masing sesi debat langsung adalah delapan menit.
 
Segmen keenam merupakan segmen penutup. Pada segmen ini masing-masing kandidat dipersilakan menyampaikan pernyataan penutup (closing statement). Setiap kandidat diberi durasi selama empat menit untuk menyampaikan pernyataan penutup.
 
Total keseluruhan durasi debat ketiga selama 1 jam 50 menit. Debat direncanakan berakhir pukul 22.20 WIB.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif