Direktur Imparsial Al Araf (tengah) - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Direktur Imparsial Al Araf (tengah) - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Paslon Diminta Hentikan Persaingan Tak Sehat

Pemilu pilpres 2019
Ilham Pratama Putra • 16 Januari 2019 14:35
Jakarta: Direktur Imparsial Al Araf menyebut tiga bulan masa kampanye capres dan cawapres masih dipenuhi hoaks dan kampanye hitam. Persaingan yang dilakukan masing-masing paslon dinilai tidak sehat.
 
"Politik dibangun dengan adu ide dan gagasan, bukan dengan menyebarkan hoaks, kampanye hitam, dan konten-konten yang sifatnya tidak miliki data dan fakta. Apalagi menyinggung agama dan ras itu tidak sehat," kata Al Araf di KoDe Inisiatif, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019
 
Dia mengatakan persaingan tidak sehat ini akan merusak sistem demokrasi. Pada akhirnya bisa meningkatkan konflik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang kita dapatkan pertarungan tidak bermutu, dan ini harus ditinggalkan. Saya jengah, contohnya menghadirkan politisasi isu komunisme, itu kan jelas tidak ada," tandas Al.
 
(Baca juga:Obor Rakyat Diminta Tak Kampanye Hitam Lagi)
 
Dia menyebut hoaks dan kampanye hitam bukan saja berakibat bagi kandidat. Tapi juga menghambat majunya penyelesaian kasus yang bisa jadi membelah masyarakat.
 
"Jadi cuaca politisnya nggak sehat itu kalau membelah posisi masyarakat dengan politisasi itu tadi. Nah, jadikanlah penyapaian visi misi jadi alat agar politisasi jadi sehat," sebut Al.
 
Dia menambahkan publik sangat menanti debat perdana pilpres pada Kamis, 17 Januari 2019. Proses penyampaian ide maupun gagasan akan memberikan pandangan Indonesia ke depan dalam bidang penegakan hukum, HAM dan korupsi.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif