Geladi bersih debat perdana Pilpres 2019. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Geladi bersih debat perdana Pilpres 2019. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Debat Awal dan Akhir Penentu Kemenangan

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 17 Januari 2019 18:26
Jakarta: Debat perdana dan akhir calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bakal ditunggu masyarakat. Kedua debat itu paling bisa menggembosi suara di antara kedua calon.
 
"Debat pertama dan debat terakhir itu soal kesan dan pandangan awal dan akhir. Jadi paling ditunggu dan akan berkesan bagi masyarakat," kata pengamat politik‎ Pangi Syarwi Chaniago kepada Medcom.id, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Menurut dia, pasangan calon harus bekerja keras demi meraih empati dan memenangkan hati rakyat. Masing-masing calon harus bisa meyakinkan publik dan masyarakat, dengan program yang jelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi program tidak boleh yang mengawang-ngawang. Program itu harus membumi yang disampaikan oleh masing-masing calon. Itu dapat dipastikan meraih suara yang baik dari masyarakat," jelas dia.
 
Selain itu, jelas dia, masing-masing calon tentunya harus meyakinkan masyarakat yang belum mantap memilih. Dengan begitu, setelah debat, mereka yakin dan memutuskan untuk memilih salah satu pasangan.
 
Baca: JK Bersyukur Pemilu Indonesia Tak Pernah Berujung Kisruh
 
"Memang tidak gampang mempengaruhi preferensi politik mereka karena mereka adalah pemilih yang rasional dan sangat selektif," tegas dia.
 
Posisi petahana dalam debat, lanjut dia, harus maksimal dalam menyampaikan semua yang telah dilakukan selama bertugas lima tahun ini. Apa saja yang telah dilakukan petahana, masyarakat perlu mengetahuinya.
 
"Kalau masyarakat puas, maka dipastikan bakal kembali memilih petahana dua periode. Sementara bagi sang penantang adalah bagaimana bekerja keras, memberikan keyakinan, menjawab ketakutan dan apa yang menjadi kegelisahan rakyat, menawarkan solusi dan harapan baru yang lebih baik dari sebelumnya," pungkas dia.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif