KPU Bakal Tanya Golkar soal Pemecatan Nusron dan Agus Gumiwang

Achmad Zulfikar Fazli 22 Agustus 2014 13:33 WIB
golkar
KPU Bakal Tanya Golkar soal Pemecatan Nusron dan Agus Gumiwang
(kiri ke kanan) Poempida Hidayatulloh, Nusron Wahid, dan Agus Gumiwang - MI/Mohamad Irfan
medcom.id, Jakarta:Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga kini belum menindaklanjuti surat pemecatan yang dilayangkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar terhadap Nusron Wahid dan Agus Gumiwang. Pemecatan keduanya bakal berhubungan dengan KPU lantaran menjadi calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPR RI.

Menurut Komisioner KPU, Arief Budiman, pihaknya masih akan meminta keterangan kepada DPP Golkar untuk memastikan keduanya sudah lagi tidak memenuhi syarat sebagai anggota dewan.


"Belum diputuskan. Kami tanya-tanya dulu (ke DPP), suratnya benar apa tidak? Apakah ada jalan hukum lain atau tidak?" kata Arief di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014). "Jangan sampai dia masih tahap proses mengambil langkah hukum atau masih menjadi anggota partai."

Menurutnya, jika proses pemecatan ini masih ada terkendala masalah seperti masih mengambil langkah hukum, pihaknya belum dapat mengambil keputusan bahwa keduanya tidak memenuhi syarat sebagai anggota dewan. "Kalau sudah final dia bukan anggota partai, baru memenuhi kesimpulan dia tidak memenuhi syarat," ujar Arief.

Arief pun menjelaskan maksud dari memenuhi syarat sebagai anggota dewan yakni syarat-syarat waktu keduanya mengajukan diri sebagai calon anggota dewan seperti terdaftar sebagai anggota partai, sehat jasmani, tidak pernah mengalami pidana dan lain sebagainya.

"Kalau salah satu dari (syarat) itu tidak memenuhi, itu menjadi tidak memenuhi syarat, dan dia sudah bisa disimpulkan tidak memenuhi syarat," paparnya.

Nusron Wahid dan Agus Gumiwang dipecat karena dianggap tidak mengikuti pilihan partai Golkar yang berkoalisi dengan koalisi Merah Putih pada Pilpres lalu. Mereka dipecat bersamaan dengan calon legislatif tidak terpilih yakni Poempida Hidayatullah.

Nusron Wahid merupakan calon petahana yang saat ini duduk di Komisi V DPR RI. Ia lolos dari daerah pemilihan II Jawa Tengah yang melingkupi Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, dan kabupaten Kudus. Nusron menjadi caleg yang memperoleh suara terbesar dari Partai Golkar pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu dengan raihan 243.021 suara.

Sementara itu, Agus Gumiwang Kartasasmita memperoleh suara 102.469 suara dari dapil Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.



(JCO)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id