Tidak Ada Bilik khusus bagi Caleg Stres di RS di Jakarta
medcom.id, Jakarta:Meski tidak ada ruangan perawatan khusus, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah merujuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Duren Sawit, Jakarta Timur, sebagai tempat perawatan caleg stres yang gagal mendapatkan kursi legislatif di Jakarta.

"Kita sudah siapkan tempat di RSUD Duren Sawit, tapi memang enggak dibuat bilik-bilik khusus untuk caleg yang stres, memang disanalah tempat khusus yang menampung masyarakat yang mengalami depresi," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emawati.

Sementara itu, menurutnya RSUD Sumber Waras yang berada di bilangan Jakarta Barat, sedikit berbeda dengan RSUD Duren Sawit. Pasalnya, RSUD Sumber Waras khusus menampung masyarakat yang gila dimana kebanyakan didapat dari jalanan atau razia petugas.

"Kalau RSUD Sumber Waras itu khusus untuk menampung yang gila, biasanya didapat dari jalanan atau razia petugas. Sementara, RSUD Duren Sawit untuk mereka-mereka yang depresi, stres biasa, bukan untuk yang gila," jelas Dien.

Lanjut Dien, pihaknya pun tidak memberikan instruksi tertentu bagi RSUD lain di Jakarta untuk menyiapkan bilik khusus caleg stres.

Bagi caleg yang gagal melaju ke kursi legislatif dan mengalami depresi, pihak rumah sakit tidak bisa memberikan perlakuan istimewa, pelayanan khusus, ataupun ruangan khusus.

"Nggak ada, diperlakukan sama dengan pasien lain. Nggak di istimewakan," ungkap Dien.

Hal tersebut kemudian diamini oleh Kepala Bagian Pemasaran dan Informasi RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Sugiyanto, yang mengatakan tidak ada ruang perawatan khusus bagi caleg stres yang ingin melakukan perawatan.

"Adanya klinik kejiwaan, tapi itu sama dengan masyarakat biasa, nggak ada klasifikasi," ungkap Sugiyanto.

Meski memiliki klinik kejiwaan, namun menurutnya sejauh ini memang belum ada pasien yang merupakan caleg gagal yang melakukan perawatan di RSUD Tarakan. (Vera Triyani)

(ADF)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id