Tips Knowledge

Ini Penyebab Rantai dan Suspensi Sepeda Motor Cepat Aus

M. Bagus Rachmanto 15 Februari 2018 15:57 WIB
tips knowledge
Ini Penyebab Rantai dan Suspensi Sepeda Motor Cepat Aus
Rantai motor perlu perawatan ekstra dari debu agar lebih awet. WheelsnShields
Jakarta: Meski rantai dan suspensi sepeda motor punya tugas dan peran yang berbeda, tapi untuk menjaga keawetannya, kedua komponen ini punya musuh bersama, yaitu debu. Keduanya akan cepat afkir/aus karena debu jalanan.

Dua komponen ini punya peran yang sangat vital pada sebuah sepeda motor dan termasuk punya masa pakai yang panjang. Rantai bertugas menyalurkan daya mesin menuju roda, dan suspensi meredam guncangan jalan agar pengendara tetap nyaman.

"Untuk suspensi perhatikan batang atau as yang tampil mengkilap, biasanya bagian itu paling bersih, sementara bagian lainnya kotor. Padahal debu itu menyelinap ke dalam sil sok karena tersapu sil saat naik-turun," terang Mekanik TDR Technology Center, Ari Kuncahyo kepada medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Menurut Ari, shock depan relatif lebih perlu perawatan. "Karena harus ganti oli shock juga, lama-lama olinya bisa encer. Ganti tiap 15 ribu kilometer. Batang sok juga perlu dibersihkan. Shock belakang relatif lebih mudah perawatannya," lanjutnya.

Berlanjut pada rantai, debu bisa merusak bagian roller, karena banyak bikers yang menyemprot pelumas pada bagian tersebut. "Pelumas itu menangkap debu, malah ada yang kasih grease yang krikil pun bisa nempel," papar Ari lagi.

Soal perawatan rantai, bisa menggunakan solar atau bensin untuk membersihkan rantai. "Tapi untuk rantai dengan sil karet, jangan pakai solar atau bensin, tapi pakai angin bertekanan saja," sarannya.

Perawatan rantai pada musim hujan harus sering dilakukan, setidaknya seminggu sekali. Sedangkan pada musim panas, bisa dilakukan setidaknya sebulan sekali.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id