Memanaskan mesin mobil tak perlu terlalu lama. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Memanaskan mesin mobil tak perlu terlalu lama. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Memanaskan Mesin Mobil Injeksi Tak Perlu Lama

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 08 Januari 2019 10:44
Jakarta: Berbeda dengan mobil produksi lawas, mobil keluaran baru umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi mesin yang canggih. Jadi memperlakukan mobil anyar tak bisa disamakan dengan mobil lawas. Salah satunya soal memanaskan mesin. 

Kini, teknologi injeksi membuat Anda tak perlu memanaskan mobil terlalu lama agar mencapai temperatur ideal, apalagi dengan alasan menunggu mesin mobil panas.
 
"Memanaskan mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi hanya perlu 1-2 menit. Karena kebutuhan bahan bakar dalam proses pembakaran telah diatur oleh Electronic Control Unit (ECU)," beber Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi memanaskan mobil dengan menekan pedal gas. Sebab dalam kondisi stasioner, mesin tetap meminta kebutuhan bensin. “Ukuran gas mobil injeksi sudah lebih stabil, yakni di kisaran 800 rpm sampai 1.200 rpm. Sehingga tidak perlu lagi memanaskan terlalu lama," tambahnya.

Untuk mengetahui mesin sudah dalam kondisi siap jalan adalah cukup dengan memperhatikan indikator temperatur mesin. Bila normal, jarum penunjuk perlahan naik ke posisi tengah, dan biasanya jarum rpm turun secara otomatis dari pertamakali mesin dihidupkan. Setelah itu mobil siap digunakan.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi