NEWSTICKER
Ada sejumlah risiko jika kendaraan dipaksakan menerjang banjir. TMC Polda Metro Jaya
Ada sejumlah risiko jika kendaraan dipaksakan menerjang banjir. TMC Polda Metro Jaya

Tips Knowledge

Waspada Risiko Kendaraan yang Kerap Menerjang Banjir

Otomotif tips mobil tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 24 Februari 2020 10:15
Jakarta: Akhir pekan lalu, Jakarta kembali dikepung banjir di sejumlah wilayah dengan ketinggian yang beragam pula. Di musim banjir seperti ini tentu menjadi pemandangan biasa dan banyak pengendara kendaraan bermotor yang melintasi banjir tanpa ragu karena merasa hal ini aman untuk dilakukan.
 
Padahal harus diketahui bahwa terlalu sering membiarkan kendaraan menerjang genangan air itu tidak baik untuk kesehatan kendaraan kesayangan, seperti dikutip dari Laman resmi Suzuki. Apa sebenarnya akibat terlalu sering menerobos genangan bagi kondisi kendaraan bermotor seperti mobil?
 
Jika terlalu sering melintas di genangan air, maka komponen di dalam mesin bisa lebih cepat rusak dan yang lebih parah bisa membuat mesin akhirnya mengalami rusak berat. Jika kondisinya sudah rusak berat maka sudah bisa dipastikan biaya perbaikan jadi semakin besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masalah yang terjadi jika kendaraan terlalu sering melintas di genangan air adalah bercampurnya oli dengan air genangan. Ciri-cirinya, warna oli berubah menjadi seperti kopi susu. Kendaraan yang olinya sudah tercampur dengan oli sangat berisiko mengalami knocking. Jika ini yang terjadi, maka oli harus diganti dengan melakukan flushing atau pembilasan total.
 
Selain oli yang tercampur air, komponen lain yang juga berpotensi mengalami kerusakan jika terlalu sering melintasi genangan adalah bearing, suspensi, dan transmisi. Potensi kerusakannya memang tidak besar, tapi tetap ada kemungkinan rusak. Terlebih kalau kendaraan sering melintas di genangan yang berpasir.
 
Karena itulah, sebaiknya hindari jalanan yang sering tergenang saat hujan turun di musim hujan ini. Jika kendaraan bermasalah setelah melintasi genangan air, segera arahkan kendaraan ke bengkel resmi untuk ditangani dengan tepat oleh mekanik handal.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif