Safety Driving,

Safety dan Kondisi Jeep Lava Tour Merapi, jadi Sorotan

Ekawan Raharja 22 Juni 2018 10:41 WIB
safety drivingtips knowledge
Safety dan Kondisi Jeep Lava Tour Merapi, jadi Sorotan
Salah satu Jeep di Lereng Merapi yang mengalami kecelakaan baru-baru ini. Medcom.id
Jakarta: Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan Jeep wisata lereng Merapi di Yogyakarta. Kondisi mobil dan keselamatan yang ada di mobil komersial tersebut harus diperhatikan agar meminimalisir kejadian serupa terjadi.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan masalah kondisi mobil tidak boleh dikompromikan. Harus ada pemeriksaan yang rutin untuk menjaga kualitas mobil-mobil yang digunakan.

"Mobil ini kan digunakan untuk keperluan komersial, sebaiknya diadakan KIR secara rutin setiap enam bulan sekali untuk memeriksa keadaanya," ujar Jusri Pulubuhu saat dihubungi tim Medcom.id Rabu (21/6/2018) melalui pesawat telepon.

Mengenai kondisi offroad wisata Lereng Merapi di Yogyakarta, Jusri sudah beberapa kali mengunjungi tempat tersebut. Menurutnya kondisi offroad di sana idealnya memang harus mobil-mobil berkemampuan 4X4.


"Kalau 4X2 di aspal tidak masalah, cuma kalau sudah di pasir, lumpur, dan jalanan berbukit idealnya harus 4X4. Saya sudah beberapa kali ke sana dan rata-rata sudah 4X4," sambungnya.

Kemudian bila berbicara fitur keselamatan yang ada di mobil, sebaiknya sudah dilakukan standarisasi yang dilakukan oleh organisasi atau pemerintah setempat. Seperti penggunaan sabuk keselamatan, dan juga standar operasional lainnya.

Selain itu pemerintah atau kepolisian setempat sebaiknya juga memberikan keterampilan offroad kepada pengemudi-pengemudi Jeep di wisata Lereng Merapi. Sehingga semua pengemudinya memiliki keterampilan berbasis pelatihan, bukan pengalaman.

"Sudah waktunya pemahaman safety masuk ke sana. Jangan sampai ribuan korban baru kita masuk," jelas Jusri.

Sebelumnya sebuah Jeep wisata di lereng Gunung Merapi atau Jeep Lava Tour Gunung Merapi di Dusun Tangkisan, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, kecelakaan pada Selasa, 19 Juni 2018. Seorang wisatawan tewas dan empat lainnya mengalami luka dalam kejadian itu.

Diketahui bahwa Jeep yang digunakan mengalami masalah di bagian setir. Sehingga pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil di kondisi turunan, dan berakhir terperosok ke jurang sedalam empat meter.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id