Biarkan udara dari luar masuk, menggantikan udara panas yang ada di kabin mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja
Biarkan udara dari luar masuk, menggantikan udara panas yang ada di kabin mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

Udara di Kabin Mobil Bisa Sebabkan Kanker

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 14 Mei 2018 12:04
Jakarta: Banyak yang langsung menghidupkan ac mobil ketika masuk ke dalam mobil dengan kondisi kabin yang panas. Padahal banyak racun yang terdapat di dalam kabin mobil ketika kabin di dalam kondisi panas dan pengap.

Dikutip dari situs resmi Daihatsu, sinar matahari di dalam kabin mobil dapat menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru. Salah satu zat yang dihasilkan adalah Benzena yang dapat menyebabkan kanker.

Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh, menyebabkan Anemia, dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan Leukemia dan menambah resiko kanker.

Tingkat Benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg Benzene. Sedangkan mobil diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari, tingkat Benzena bisa naik hingga mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat Benzena yang bisa ditoleransi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sehingga sebaiknya pengemudi mobil bisa membuka kaca terlebih dahulu dan biarkan udara pengap keluar, sembari menghidupkan ac. Jika sudah beberapa menit, silahkan jalan dan jendela ditutup perlahan.
(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi