Ilustrasi mengisi BBM. Honda
Ilustrasi mengisi BBM. Honda

Tips Otomotif

2 Alasan Isi BBM Harus Full, Awas Resiko Mobil Sulit Dihidupkan

Otomotif BBM tips mobil honda mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 17 September 2021 10:00
Jakarta: Mengisi bahan bakar minyak (BBM) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh para pemilik mobil. Meski tampak sepele, pemilik mobil sebaiknya mengisi BBM mobil hingga penuh.
 
Kebiasaan mengisi BBM tidak sampai penuh ternyata memiliki efek buruk, seperti dikutip dari situs resmi Honda. Apa bila tidak mengisi BBM hingga penuh maka ada 2 resiko yang dialami pemilik mobil.
 

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Apabila volume bensin dalam jumlah yang sedikit (kurang dari setengah kapasitasnya) maka volume udara yang terperangkap dalam tangki akan jauh lebih banyak dari BBM. Karena adanya ruang kosong dan perbedaan temperatur, maka akan terjadi pengembunan di dalam tangki.
 
Potensi terjadinya pengembunan juga lebih tinggi saat memarkir mobil di dataran tinggi dengan udara yang cenderung basah dan berkabut. Bensin di dalam tangki beresiko terkontaminasi dengan embun air, sehingga kualitas BBM menjadi buruk dan menyebabkan mesin mobil sulit untuk dihidupkan.
 

2. Tangki BBM Berkarat

Satu lagi dampak dari tidak mengisi tangki BBM hingga penuh adalah timbulnya karat. Hal ini berkaitan dengan adanya penguapan tangki BBM yang tidak penuh, sehingga embun yang menempel di dinding tangki lama kelamaan dapat menimbulkan karat pada tangki BBM. Karat tersebut juga dapat menyebabkan masalah mobil lainnya.
 
Namun, walaupun disarankan mengisi BBM sampai penuh, tetap tidak disarankan mengisinya sampai meluber dari tangki BBM karena dapat menimbulkan resiko terbakar apabila bersentuhan dengan percikan api. Isilah bensin hingga penuh sesuai anjuran namun jangan berlebihan.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif