Pemilihan bahan berpengaruh terhadap performa. Suzuki
Pemilihan bahan berpengaruh terhadap performa. Suzuki

Tips Knowledge

Ganti Knalpot Motor? Perhatikan Hal Berikut

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 25 Januari 2020 11:04
Jakarta: Saat ini ada beberapa jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan knalpot sepeda motor. Bahan-bahan tersebut adalah bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. Lantas, dari beberapa pilihan bahan pembuatan knalpot sepeda motor tersebut, apakah akan berpengaruh dengan suara dan performa yang dihasilkan? Berikut penjelasannya seperti dilansir lama Suzuki.
 
Tidak Berpengaruh pada Suara
Jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot sepeda motor tidak akan berpengaruh pada suara knalpot. Jadi bisa disimpulkan, memakai bahan apapun, baik itu bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. untuk membuat knalpot, suara yang dihasilkan oleh sepeda motor tidak akan Anda temukan perbedaannya.
 
Misalkan bahan knalpot paling tebal seperti aluminium atau stainless itu tebalnya sekitar 1 sampai 1,2 mm. Lalu, titanium hanya 0,8 mm, jika perbedaan tebal sekitar 0,2 mm maka tidak ada pengaruh apapun dalam suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bisa Berpengaruh pada Performa
Walaupun tidak berpengaruh pada suara yang dihasilkan, jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot sepeda motor bisa berpengaruh pada performa sepeda motor. Ini bisa terjadi karena adanya perbedaan bobot yang sangat mungkin berpengaruh pada bobot sepeda motor secara keseluruhan sehingga juga berpengaruh pada performa sepeda motor.
 
Contohnya, titanium adalah bahan yang paling ringan dan jika knalpot sepeda motor sepeda motor memakai bahan ini, maka akan berpengaruh pada bobot sepeda motor dan bisa otomatis berpengaruh pada performa sepeda motor secara keseluruhan.
 
Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk tidak sembarangan mengganti komponen apapun pada sepeda motor Anda, termasuk knalpot. Ini penting untuk menjaga performa sepeda motor Anda. Sebelum mengganti komponen apapun, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan mekanik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif