Ilustrasi. Yokohama
Ilustrasi. Yokohama

Tips Otomotif

Mengenal Tipe-Tipe Ban untuk Mobil SUV

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 23 November 2020 14:00
Jakarta: Memasuki musim hujan sekarang ini dan apabila ban sudah mulai botak, maka ini waktunya untuk mengganti. Untuk memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan tidak bisa sembarangan dalam memilih, khususnya apabila digunakan untuk mobil sport utility vehicle (SUV).
 
Ada beberapa tipe ban mobil khusus mobil SUV yang dinamai berdasarkan fungsinya melalui kode-kode tertentu. Pemilik mobil harus mengenali dan menyesuaikan ban mobilnya berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan, biar performa mobil SUV kesayangan lebih optimal. 
 
Dikutip dari laman resmi Daihatsu, Penamaan berupa kode untuk ban mobil SUV meliputi H/T, M/T dan A/T. Jadi, jika Anda sedang memilih ban untuk SUV, selain ukuran ban, kode ini perlu diperhatikan sehingga sesuai dengan kebutuhan. Apa arti dari kode-kode tersebut? 
 

1. Ban mobil H/T ( Highway Terrain) 

Ciri khas tipe ban H/T adalah memiliki motif tapak ban dengan alur celah yang cenderung rapat. Desain itu membuat ban dapat lebih maksimal saat mencengkram permukaan jalan. 
 
Suara yang ditimbulkan terasa lebih senyap ketimbang tipe ban lainnya. Tipe ban H/T sangat cocok digunakan bagi pengendara yang lebih banyak mobilitas di perkotaan dengan mayoritas permukaan jalan berupa aspal dan cenderung rata. 
 
Salah satu kelemahan dari tipe ban SUV satu ini adalah ketika harus melalui jalan berkontur tanah. Hal itu bisa membuat ban lebih mudah terperosok lantaran tidak adanya grip yang memadai. 
 

2. Ban mobil M/T (Mud Terrain) 

Sesuai dengan namanya, ban SUV tipe M/T cocok digunakan pada jalan berlumpur. Ciri khasnya adalah memiliki desain tapak ban yang dibuat besar dengan celah lebar. Biasanya desain tapak berbentuk kotak hingga garis. 
 
Ban tipe M/T lebih optimal saat melaju di permukaan tanah yang empuk dan mobil bisa melaju mulus baik saat berbelok, akselerasi sampai deselerasi. Karena keunggulannya itu, banyak orang menyebut tipe ban ini dengan istilah 'ban pacul'. 
 
Ban M/T sering digunakan untuk kebutuhan tim SAR saat menerobos jalur sungai dan hutan. Aktivitas offroad juga cukup stabil jika menggunakan ban tipe ini.
 
Namun, ketika digunakan di jalanan aspal, ban tipe M/T cenderung mengeluarkan suara bising. Kalau berkendara dengan kecepatan tinggi, ban M/T juga mudah licin dan tidak mencengkeram jalan dengan baik. 
 

3. Ban tipe A/T (All Terrain) 

Tibe ban ini didesain untuk bisa mengakomodir segala kebutuhan dari pengguna. Artinya, ban jenis ini dapat digunakan baik di permukaan aspal atau tanah. 
 
Desain tapak dan alurnya cenderung lebih dalam dibandingkan ban H/T. Tingkat kebisingan saat digunakan di jalan aspal pun lebih tinggi daripada ban H/T meski masih dalam tahap wajar. 
 
Untuk kemampuan pengereman dan melintas di atas genangan air, jauh lebih baik ketimbang ban M/T. Sehingga masih bisa digunakan untuk mobilitas sehari-hari. 
 
Saat melaju di jalanan berbatu atau tanah basah yang padat ban tipe A/T masih bisa diandalkan. Namun kalau bertemu jalan berlumpur, berlubang dan licin, traksi sulit didapatkan dengan tipe ban ini. 
 
Nah sudah tahukan sekarang kode-kode dari ban untuk SUV ini. Kalau Anda cocok yang mana?
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif