Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, di luar pentingnya ban cadangan, setidaknya ada tujuh komponen atau barang yang wajib tersedia di dalam mobil saat melakukan perjalanan jauh. Auto2000
Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, di luar pentingnya ban cadangan, setidaknya ada tujuh komponen atau barang yang wajib tersedia di dalam mobil saat melakukan perjalanan jauh. Auto2000

Tetap Aman di Situasi Darurat, Barang Ini Wajib Ada di Mobil

Otomotif tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 12 Juni 2019 10:05
Jakarta: Menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi memang diperlukan persiapan yang benar-benar matang. Di luar melakukan ritual perawatan berkala dan pengecekan kendaraan sebelum berangkat, ada baiknya pemilik mobil juga membekali perjalanan dengan menyiapkan perkakas standar dan komponen penting.
 
Perlu diingat, meski sudah memastikan mobil dalam kondisi prima, namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat mengemudikan mobil. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, di luar pentingnya ban cadangan, setidaknya ada tujuh komponen atau barang yang wajib tersedia di dalam mobil saat melakukan perjalanan jauh.
 
“Prinsipnya sedia payung sebelum hujan, jadi ada baiknya juga membekali diri. Perkakas standar bawaan mobil itu wajib ada, tambahan lain yang juga cukup penting dibawa seperti halnya water coolant, oli mesin, dan minyak rem. Buat berjaga-jaga saja,” terang Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, dikutip dari laman resmi Auto2000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut tujuh komponen standar wajib yang mungkin berguna untuk menghadapi situasi yang sifatnya darurat dalam perjalanan:
 
Pertama dimulai dari dongkrak yang merupakan komponen wajib ada sebagai pelengkap ban cadangan, karena memang setiap mobil pasti sudah dilengkapi peralatan untuk mengganti ban cadangan yang terdiri dari dongkrak, kunci pas untuk membuka baut ban, sampai segitiga peringatan.
 
Selanjutnya buku manual juga mesti ada meski terlihat sepele karena meski ada di dalam mobil, bisa dipasatikan jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah dibuka. Buku manual penting tetap ada di dalam mobil untuk mencari info mengenai adanya gejala tak lazim di mobil atau informasi seputar kendaraan lainnya.
 
Kabel Jumper juga menjadi perangkat yang tidak bisa dianggap remeh saat sedang melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya komponen ini dibawa karena fungsinya sangat berguna ketika Anda mengalami mogok karena aki yang tekor.
 
Pemilik mobil juga sebaiknya membeli alat pengukur tekanan ban untuk memastikan kondisi ban memiliki tekanan udara yang sesuai. Jangan lupakan untuk selalu membawa pengukur udara yang saat ini mudah didapatkan di toko-toko yang menjajakan ragam aksesori mobil.
 
Komponen kelima adalah Senter berguna untuk penerangan saat mobil dalam kondisi darurat di jalan raya ketika malam hari. Meski terkadang bisa diakali dengan lampu dari ponsel, tapi tentunya akan lebih maksimal menggunakan penerangan dari senter.
 
Sebelum perjalanan, sebaiknya menyiapkan beberapa cairan chemical seperti oli mesin cadangan, minyak rem, dan air radiator. Meski belum tentu digunakan namun ketiganya cukup penting untuk dibawa dalam menempuh perjalanan jauh.
 
Sedangkan terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah Kotak P3K. Ini juga tidak bisa diremehkan karena sesuai fungsinya peralatan medis sederhana ini sangat berguna untuk pertolongan pertama.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif