Fog lamp cahaya kuning bisa menembus kabut dan asap. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Fog lamp cahaya kuning bisa menembus kabut dan asap. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Tips Knowledge

Kapan Waktu Tepat Menyalakan Fog Lamp Mobil?

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge Coronavirus PSBB
M. Bagus Rachmanto • 29 Mei 2020 17:17
Jakarta: Fog lamp mobil menjadi salah satu fitur keselamatan berkendara. Fungsinya memberikan penerangan lebih baik saat malam hari dan kondisi gelap karena kabut atau pun hujan deras.
 
Namun fog lamp yang banyak dipakai kebanyakan mobil saat ini masih berwarna putih. Meski tidak semenarik warna putih, fog lamp yang memiliki cahaya kuning ternyata punya daya tembus yang lebih baik dibanding warna putih.
 
Fitur yang satu ini pun menjadi sangat penting dalam membantu penerangan dan penglihatan, terutama saat musim hujan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Fahmi yang buka bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, selain sebagai tambahan penerangan lampu utama, fog lamp juga berfungsi sebagai penerangan saat cuaca berkabut.
 
Dia menambahkan, jika ingin mendapatkan fungsi fog lamp yang baik dan optimal harus menggunakan yang berwarna kuning. Fahmi memberikan solusi gampang untuk mengubah fog lamp berwarna putih menjadi kuning.
 
Karena cahaya kuning memiliki jarak daya tembus yang lebih baik, dan dapat menembus kabut/asap, jika dibandingkan dengan cahaya putih lampu biasa.
 
"Caranya mudah, bawa saja ke tukang scotchlite/stiker, lalu pasang fog lamp mobil Anda dengan stiker yang warna kuning transparan. Pengerjaannya tidak sampai 15 menit. Hasilnya silahkan buktikan."
 
Bagi Anda yang ingin melengkapi mobil dengan fog lamp aftermarket tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan aksesoris tambahan ini di pasaran. Banderol harganya juga cukup variatif, mulai dari Rp250 ribu tergantung dari jenis dan mereknya.
 
Semantara dikutip dari laman resmi Hyundai, masih banyak pemilik mobil awam yang hanya tahu bahwa fog lamp adalah aksesoris tambahan untuk membedakan fitur dan tingkat kemewahan sebuah mobil. Padahal fitur ini adalah fitur wajib terutama jika mobil ini digunakan di daerah yang sering hujan dan berkabut.
 
Sebenarnya saat yang tepat untuk menyalakan fog lamp tak lain ketika hujan lebat, terutama malam hari, atau saat jalanan sedang berkabut. Hal ini karena sorotan foglamp cenderung melebar daripada pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.
 
Fog lamp terdiri atas dua jenis, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.
 
Parahnya masih banyak ditemui di jalan ketika malam hari dengan kondisi tidak hujan dan tidak berkabut tapi lampu kabut belakang dinyalakan. Hal ini justru membahayakan pengemudi di belakang, karena silaunya lampu rear fog lamp akan mengganggu pandangan dari mobil di belakang.
 
Selain itu banyak juga yang hanya menghidupkan fog lamp dan mematikan lampu utama di malam hari. Mereka hanya mengandalkan lampu senja dan fog lamp sebagai penerangan, dan itu jelas salah.
 
Nah kini sudah tahu kapan harus menggunakan fog lamp? Jangan sembarangan lagi menyalakan lampu satu ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif