Mengurangi campuran fatty acid di Solar B20 bisa dengan cara mencampurkan cairan kimia di ruang bensin. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mengurangi campuran fatty acid di Solar B20 bisa dengan cara mencampurkan cairan kimia di ruang bensin. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips knowledge

Netralisir Fatty Acid di Solar B20 dengan Cairan Kimia

Otomotif bahan bakar gas tips knowledge
Ekawan Raharja • 27 Januari 2019 15:03
Jakarta: Seluruh bahan bakar solar yang ada di Indonesia saat ini sudah dicampur dengan 20 pesen minyak nabati atau fatty acid methyl ester (FAME) yang kemudian lebih dikenal Solar B20. Tentu saja campuran minyak nabati ini memiliki efek ketika digunakan oleh mesin diesel melakukan pembakaran.
 
Kepala Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Pembakaran Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Bambang Sudarmanta, menjelaskan kalau solar B20 memiliki viskositas yang lebih tinggi dan lebih kental di bandingkan solar biasa. Selain itu B20 juga mengandung gliserin (kotoran yang tidak terbakar) lebih banyak.
 
"Standar Nasional Indonesia (SNI) biodiesel disebutkan mengenai batasan kekentalannya. Sudah diteliti kandungan dan dampaknya masih bisa diterima atau membahayakan," ujar Bambang beberapa waktu lalu di The Hook Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO Willberngroup, Juergen Gunawan, menjelaskan secara mudah efek dari menggunakan solar B20 membuat filter solar akan lebih cepat diganti. Karena endapan yang tersaring oleh filter solar akan lebih banyak dari pada menggunakan solar biasa.
 
Netralisir Fatty Acid di Solar B20 dengan Cairan Kimia
 
"Kalau membuka filter solar, akan ditemukan seperti gel yang itu adalah gliseren. Kalau memakai solar B20 jadi umur filter solar lebih cepat dan harus diganti," ucapnya Sabtu (26/1/2019) di Bengkel AFJ Motorsport, Pondok Bambu, Jakarta Timur.
 
Melihat kondisi ini, pria yang juga berkecimpung di Masyarakat Pelumas Indonesia (Maspi) ini membuat terobosan dengan membuat cairan kimia dengan nama Willbern iC-B. Cairan ini bisa menetralisir sekitar 50 persen FAME yang ada di dalam solar B20.
 
"iC-B berfungsi meningkatkan angka cetane index di solar, sekaligus meminimalisir fatty acid bagi yang menggunakan bio solar," lanjut Juergen.
 
Cairan ini dicampur dengan cara memasukan langsung melalui lubang bahan bakar, dengan takaran 1 mili liter per 1 liter. Kemudian iC-B secara otomatis akan menetralisir FAME yang ada di solar, dan membuat kinerja filter solar lebih enteng.
 
"Efek yang dihadirkan adalah pembantu ledakan solar lebih baik karena cetane index lebih baik, dan konsumsi bahan bakar lebih baik hingga 10 persen."
 
"Ini sudah pernah dicoba di kendaraan komersial, truk logistik, dan efeknya aman bagi mereka serta lebih irit," titip Juergen.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif