Penumpang Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman
Penumpang belakang juga wajib gunakan sabuk pengaman. Medcom.id/Ekawan Raharja
Karawang: Regulasi di Indonesia baru mewajibkan pangi pengemudi dan penumpang depan untuk menggunakan sabuk pengaman. Padahal penumpang belakang seharusnya juga wajib menggunakan sabuk pengaman.

Global Project Management Methods and Engineering Process Autoliv ASP Inc, Davik Nugroho, menjelaskan penumpang belakang juga wajib menggunakan sabuk pengaman. Karena resiko yang dialami penumpang belakang juga sama besarnya dengan penumpang yang ada di depan tanpa sabuk pengaman.

"Di belakang juga penting di Menggunakan safety belt, karena bisa saja penumpang di belakang terpelanting," ujar Davik ASEAN Automobile Safety Forum 2018 di Proving Ground Bridgestone Karawang, Jawa Barat.

Dia juga memberikan memastikan untuk pemasangan sabuk pengamanan haruslah benar. Mengingat sekarang ini sabuk pengaman yang digunakan rata-rata sudah menggunakan model tiga titik.


Pertama, pastikan sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik dan terdengar 'klik'. Kemudian untuk tali yang menyilang di atas, pastikan melintas di dada dan pundak. Sedangkan untuk tali yang di bawah melewati pinggul.

"Ini memastikan agar sabuk pengaman benar-benar membantu melindungi badan."



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id