Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Teliti sebelum membeli adalah kuncinya. Medcom.id/Bagus Rachmanto
Jakarta: Membeli mobil bekas memang perlu ketelitian, jangan sampai mobil yang baru dibeli sudah minta jajan dan harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk perawatannya. Teliti sebelum membeli adalah kuncinya. 

Berikut beberapa tips dari Daihatsu untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Lakukan riset terhadap mobil bekas yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan sumber informasinya bisa siperoleh dari dari teman, situs-situs otomotif ataupun media sosial. Tujuannya untuk lebih mengenal jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keiinginan, perbandingan setiap mobil, spesifikasi dan harga mobil.


Tentukan Tempat Membeli
Banyaknya showroom atau tempat penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya memang memberikan kemudahan dan ragam pilihan. Namun pastikan membeli mobil bekas di tempat yang benar-benar Anda percaya dan sudah mempunyai nama.
 
Supaya kalau ada masalah di kemudian hari bisa mudah untuk diintai pertanggungjawabannya. Bisa juga dari situs-situs iklan mobil yang memungkinkan kamu untuk cash on delivery (COD).
 
Cek Bagian Eksterior Mobil
Pastikan untuk melakukan pengecekan bagian bodi mobil. Perhatikan seara detail apakah ada kerusakan di bagian bodi dengan melihat kondisi catnya, baik goresan atau bekas tabrakan. 

Termasuk mengecek bagian kaca apakah ada retakan, bagian lampu apakah ada yang pecah serta pastikan menyala dengan baik, perhatikan juga kondisi keempat bannya. Yang juga penting adalah mengecek bagian kolong, untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

Perhatikan Performa Mesin Mobil
Pengecekan mesin menjadi hal utama dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil lalu perhatikan suara mesin yang menyala. Mesin yang baik adalah mesin yang terdengar halus, tidak kasar dan mudah ketika dihiudpkan/starter.

Setelah itu usahakan untuk melakukan tes drive atau uji jalan. Coba untuk mengoper gigi, pastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat dirasa kurang nyaman serta tidak sesuai dengan harapan Anda, sebaiknya cari lagi yang lainnya. 

Cek Fitur dan Aksesoris
Ada beberapa komponen interior dan aksesoris mobil yang juga perlu dicek, yaitu bagian dashboard, karpet, setelan AC, serta perhatikan kualitas jok, plafon/langit-langitnya, cek fungsi kaca, tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. 

Coba juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menngoperasikannya. 
 
Periksa Kelengkapan Dokumen
Terkahir adalah wajib memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil, jangan beli mobil bekas yang tidak dilengkapi dokumen, karena saat ini banyak beredar surat-surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. 

Pastikan mobil yang akan dibeli memiliki BPKB dan STNK yang cocok dengan nomer mesin dan rangka kendaraan. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka akan memudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

Cek History Asuransi
Menanyakan tentang asuransi kendaraan sebagai kelangkapan kendaraan. Dari sini Anda juga bisa mengetahui kualitas mobil tersebut, dengar melihatnya dari riwayat asuransi. Selain itu, asuransi juga menjamin kamu jika terjadi kerusakan ataupun kecelakaan pada mobil yang kamu beli. 

Jadi mulai sekarang selalu teliti sebelum membeli. Selamat mencoba!



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id