AC Bermasalah

Cara Mudah Mengenali AC Mobil Bermasalah

Ekawan Raharja 12 Oktober 2018 17:38 WIB
tips knowledge
Cara Mudah Mengenali AC Mobil Bermasalah
Kondisi AC tak fit saat musim panas bikin tak nyaman berkendara. Car From Japan
Jakarta: Air conditioning (AC) merupakan komponen penting untuk daerah-daerah panas seperti Jakarta atau Surabaya. Kondisinya harus selalu dipastikan prima agar bisa memberikan rasa sejuk dan membuat penumpang nyaman.

Sebagai pemilik moil, tentu harus mengenali kondisi AC jika suda tidak prima. Segera diperbaiki agar segera bisa dingin dan memberikan rasa nyaman kepada penumpang, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.

Mengenali AC yang bermasalah sebetulnya tidak sulit. Salah satu untuk mendeteksi kerusakannya adalah suhu AC terasa kurang dingin meskipun sudah dipaksa untuk bekerja di titik maksimal.

Untuk memastikannya bisa melakukan pengecekan filter AC. Biasanya filter AC berada di balik dashbor mobil dan tersembunyi. Sesuai dengan namanya, filter AC ini berfungsi untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap menuju blower AC.


Jika terlihat sudah kotor, segera bersihkan dengan mencucinya. Jangan lupa, gunakan sikat lembut agar filter tidak rusak saat dibersihkan. Jika usia filter AC ini sudah lebih dari 500 km sebaiknya segera melakukan pergantian.

Selain itu bisa juga mengecek kondensor AC. Komponen ini biasanya terletak di bagian depan mobil. jika terlihat kotor, segera bersihkan. Cek juga bagian sirip kondensorya, jangan sampai tertekuk, apalagi bocor atau patah.

Selain suhu yang tidak terasa dingin, kerusakan AC mobil bisa dilihat dari keluarnya asap putih dari lubang atau kisi-kisi AC. Biasanya masalah ini terjadi karena evaporator AC mengalami pembekuan yang disebabkan thermostat AC yang sudah rusak.

Solusinya bisa langsung membersihkan evaporator AC ini. Tapi agar lebih maksimal, sebaiknya bersihkan di bengkel spesialis AC atau di bengkel resmi. Jika harus melakukan pergantian komponen, pastikan Anda memilih komponen original.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id