Hindari mengisi nitrogen untuk ban cadangan. GreenNitrogen
Hindari mengisi nitrogen untuk ban cadangan. GreenNitrogen

Tips Knowledge

Nitrogen Dapat Memperpendek Umur Ban, Kok Bisa?

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 13 Mei 2020 15:51

Jakarta: Bagi pemilik mobil mengisi angin di bannya dengan menggunakan nitrogen yang kini dengan mudah dapat dijumpai pelayanannya. Ketika hendak mengisi angin ban dengan nitrogen, tak perlu mengisinya juga ke ban cadangan.
 
Manager Bengkel Fast, Satriawan Agung Prabowo, membeberkan untuk ban biasa sebaiknya menggunakan angin biasa saja. Karena nitrogen memiliki sifat dingin yang tidak cocok untuk ban cadangan.
 
"Saat mengisi angin ban cadangan, tidak disarankan nitrogen. Sifat dingin akan membuat rusak karetnya, dan memperpendek umur karet," ungkap Satriawan Agung Prabowo Senin (11/5/2020) di program Sambut Iftar Ala Medcom (SIAM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria yang akrab disapa Tumenggung Prabowo ini menekankan sebaiknya nitrogen ini diisi ke ban yang sedang digunakan saja. Sifat dingin yang ada di nitrogen akan bercampur dengan panas hasil dari gesekan ban, dan akhirnya bisa mencegah ban meletus karena pemuaian.
 
Kemudian untuk Nitrogen juga memiliki molekul yang lebih besar dari angin biasa. Molekul yang lebih besar ini mencegah nitrogen keluar dari pori-pori karet sehingga kecil kemungkinan ban kurang angin.
 
Termasuk kalau kena paku, akan lebih cepat kempes angin biasa dibandingkan nitrogen," tegasnya.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif