Perhatikan keunggulan nitrogen untuk ban. Breakerlink
Perhatikan keunggulan nitrogen untuk ban. Breakerlink

Ban Kempes, Pilih Nitrogen atau Angin Biasa?

Otomotif tips mobil tips motor tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 13 November 2019 15:02

Jakarta: Sekarang ini semakin banyak tempat isi angin yang menawarkan nitrogen dan angin biasa. Pemilik mobil biasanya cukup bingung memilih nitrogen atau angin biasa untuk mobil kesayangannya.
 
Auto2000 menjelaskan melalui situs resminya, nitrogen merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin umumnya yang di dalamnya masih terkandung air.
 
Alhasil bila ban diisi dengan angin biasa, ban akan lebih berat karena ada proses pemuaian di dalam. Semantara kalau diisi nitrogen ban lebih ringan karena tidak ada pemuaian air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena di dalam angin biasa ada kandungan airnya, jadi saat dia panas, air akan menguap. Ban jadi lebih penuh dan pastinya berat, makanya sering terjadi pecah ban. Minimal ban jadi cepat aus karena keberatan,” tulis di penjelasannya tersebut.
 
Kemudian keunggulan lain nitrogen akan membuat ban lebih stabil karena berisikan udara murni, membuat tekanan ban akan lebih stabil. Sehingga ketika mobil berakselerasi akan lebih mudah karena ban lebih ringan.
 
Selain itu tekanan angin nitrogen lebih stabil dibandingkan angin biasa. Hal ini disebabkan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul angin biasa, sehingga angin sulit untuk keluar dari pori-pori ban.
 
Dengan butiran partikel nitrogen yang lebih besar dari angin biasa, nitrogen tak cepat berkurang. Hal ini mempengaruhi laju kendaraan yang membuat kendaraan apapun lebih hemat bahan bakar.
 
Sebab tekanan angin yang kurang dapat menghambat laju kendaraan, sehingga membutuhkan tenaga lebih besar dan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jika tekanan angin pada ban optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 3,3 persen.
 
Nah jadi sudah tahu keunggulan nitrogen dan tidak perlu bingung lagi untuk mengisi angin ketika ditawarkan nitrogen atau angin biasa.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif