wiper sangat diperlukan untuk menyeka air yang menempel kaca mobil. shutterstock
wiper sangat diperlukan untuk menyeka air yang menempel kaca mobil. shutterstock

Merawat Wiper Bikin Kaca Terhindar dari Baret

Otomotif tips mobil tips knowledge
Ekawan Raharja • 09 Mei 2019 13:15
Jakarta: Wiper merupakan salah satu alat yang sangat penting, terutama di musim hujan. Gunanya, wiper sangat diperlukan untuk menyeka air yang menempel kaca mobil.
 
Tapi hati-hati juga, jangan sampai menggunakan wiper yang sudah rusak. Akibatnya fatal, selain kemampuan menyeka air jadi tidak maksimal, menggunakan wiper yang rusak bisa membuat kaca mobil baret-baret dan menghalangi pandangan selama berkendara.
 
Suzuki melalui laman resminya membeberkan beberapa tips perawatan wiper untuk lebih awet dan kaca aman dari baret. Beberapa diantaranya;

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gunakan wiper yang berkualitas. Salah satu cirinya adalah, karet wiper sangat elastis dan lembut, serta warnanya terlihat bold.
 
Kemudian bersihkan wiper secara berkala, terutama saat mencuci mobil. Cukup gunakan air bersih dan lap lembut untuk membersihkannya, jangan menggunakan sabun pencuci mobil.
 
Gunakan cairan wiper fluid untuk mengisi bak wiper. Cairan ini sudah mengandung sedikit bahan pelicin, sehingga kinerja wiper lebih ringan dan lebih terlindungi.
 
Jika karet wiper sudah pecah-pecah, dan terasa cukup keras, segera ganti dengan karet wiper yang baru. Tapi ingat, pastikan memilih produk karet wiper dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan ukuran mobil.
 
Paling penting untuk diingat saat memarkirkan kendaraan di tempat terbuka, pastikan angkat karet wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Jika tidak bisa diangkat, ganjel karet wiper dengan kardus atau bahan lainnya sehingga wiper tidak menempel pada kaca.
 
Alasannya adalah kaca mobil yang terkena sinar matahari, akan cenderung panas sehingga bisa merusak lapisan pelindung dari karet wiper tersebut. Kondisi tersebut berlaku juga saat berkendara di bawah terik matahari.
 
Makanya sangat disarankan menggunakan cover khusus wiper yang berfungsi melindungi karet wiper dari sengatan sinar matahari. Semoga bermanfaat!
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif