Talang air berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit. Youtube
Talang air berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit. Youtube

Tips Knowledge

Fungsi Talang Air Mobil saat Musim Hujan

Otomotif tips mobil tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 Agustus 2020 11:20
Jakarta: Beruntung bagi mobil keluaran terbaru yang biasanya sudah dilengkapi dengan door visor atau talang air. Meski bersifat tambahan dan terlihat sepele, talang air yang terpasang di mobil ternyata punya fungsi yang cukup vital.
 
Sesuai namanya, talang air berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit, terutama saat berkendara di musim hujan ketika hendak mengambil tiket atau membayar tol, maupun untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.
 
Selain membuat tampilan mobil lebih enak dilihat, fungsinya sangat menolong karena bisa mencegah air masuk ke dalam kabin, terutama bisa melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya panel power window yang menempel di door trim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagian orang menganggap sepele hal ini, padahal pemasangan talang air ada manfaatnya, terutama saat musim hujan untuk melindungi panel power window dari cipratan air yang masuk ke kabin. Tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan korsleting panel power window," beber owner bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, Fahmi, kepada Medcom.id, di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, talang air juga bisa meredam suara bising jalanan yang cukup mengganggu. Sebab, window visor bisa mengarahkan aliran udara pada mesin sehingga mampu meredam suara berisik yang kemungkinan muncul ketika sedang berkendara pada kecepatan sedang.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif