Banyak rider ojek online yang tak merasa bersalah melakukan banyak pelanggaran, di sinilah dibutuhkan peran penumpangnya. Ilustrasi. MI/Panca Syurkani
Banyak rider ojek online yang tak merasa bersalah melakukan banyak pelanggaran, di sinilah dibutuhkan peran penumpangnya. Ilustrasi. MI/Panca Syurkani

Pakai Ojek Online Tapi Tak Aman? Begini Caranya

Otomotif tips motor tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 16 Januari 2020 10:14
Jakarta: Membonceng ojek online sebenarnya sama halnya dengan kita membonceng sepeda motor biasanya. Tapi ada beberapa perbedaan yang harus kita ketahui, seperti kita tidak mengetahui siapa yang akan mengendarai sepeda motor, dan juga seperti apa teknik berkendara dari ojek online tersebut.
 
Berikut ini adalah tips untuk kamu para boncenger yang menggunakan layanan ojek online seperti dirilis WhanaHonda. Berkaca dari berbagai data berkendara dengan menggunakan sepeda motor memiliki resiko yang sangat fatal jika terjadi kecelakaan. Diharapkan kita semua tetap waspada saat berboncengan dengan ojek online maupun dengan siapapun juga.
 
Jangan Pernah Mau Dibonceng Jika Tidak Menggunakan Helm
Tentunya hal ini merupakan standar keselamatan yang paling utama, dimana setiap pengendara kendaraan sepeda motor harus menggunakan helm saat berada di jalan raya. Selain itu helm juga adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi dan merupakan standar persyaratan dari perusahaan ojek online dimana harus selalu menyediakan helm untuk para penumpangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda menemui pengendara ojek online yang tidak menawarkan helm saat menjemput mending langsung batalkan. Keselamatan Anda lebih berharga bro untuk disia–siakan. Jadi sebaiknya anda langsung membatalkan untuk mencari pengemudi yang lain. Selain itu segera laporkan pengendara tersebut di aplikasi ojek online atau peringatkan langsung pengendara tersebut dengan cara yang baik.
 
Selain itu Anda juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan helm yang benar dan tepat. Misalnya harus mengaitkan helm sampai dengan bunyi “klik”.
 
Tegur Pengendara Ojek Online yang Tidak Taat Aturan
Sebagai orang yang dibonceng oleh pengendara ojek online ini tentunya anda juga wajar untuk memperingatkan pengendara ojek online. Akan lebih baik memperingatkan pengendara jika merasa ketakutan karena pengendara mengendarai dengan kecepatan tinggi.
 
Atau misalnya kamu merasa pengendara menerobos peraturan lalu lintas yang berlaku misalnya. Sangat wajar kok untuk kamu peringati. Selain lebih menyadarkan pengendara tentunya kamu akan lebih merasakan keamanan yang lebih, jika pengendara ojek online tersebut menuruti perkataan kamu bukan?
 
Sebisa Mungkin Gunakan Celana Panjang Dan Sepatu
Nah baik membonceng atau mengendarai sendiri sebuah sepeda motor celana panjang adalah sebuah kostum wajib. Hal ini sangat sesuai dengan standar keselamatan berkendara dengan menggunakan sepeda motor dimana salah satu kostum wajib adalah sepatu dan juga celana panjang serta jaket.
 
Dengan menggunakan kostum standar keselamatan berkendara ini tentunya akan lebih aman dalam membonceng siapa saja termasuk ojek online ini. Jadi pastikan untuk menggunakan standar keselamatan yang benar – benar pokok sehingga kamu semakin merasa yakin untuk aman.
 
Di beberapa negara juga ada peraturan khusus yang melarang pengendara maupun orang yang membonceng sepeda motor dilarang menggunakan sandal. Contoh saja negara seperti India tentunya yang mengharuskan menggunakan sepatu untuk bisa berkendara dan membonceng menggunakan sepeda motor.
 
Berikan Feedback di Dalam Aplikasi Ojek Online
Di Indonesia sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang sangat umum digunakan dan sangatlah banyak. Dengan banyaknya pengendara sepeda motor ini tentunya pengendara ojek online juga ikut menjamur. Nah, salah satu cara untuk menyeleksi pengendara ojek online yang taat aturan dan juga mengemudi dengan baik adalah dengan memberikan feedback di aplikasi ojek online.
 
Setiap aplikasi ojek online memiliki fasilitas feedback dimana kamu bisa menilai bagaimana performa dari pengendara ojek online. Hal ini sangatlah penting dan cocok untuk kamu para boncenger yang menggunakan alat transportasi yang satu ini.
 
Gunakanlah dengan bijak fitur ini karena dengan fitur ini anda bisa menyelamatkan orang lain dengan kebiasaan berkendara dari ojek online yang ada. Jadi lakukan feedback secara objektif agar kamu bisa lebih bisa menerapkan sistem keamanan berkendara, tapi ingat lebih baik diingatkan terlebih dahulu seperti pada poin kedua di atas.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif