Ada teknik yang harus diterapkan para pengendara sepeda motor kopling ketika melewati tanjakan. Yamaha
Ada teknik yang harus diterapkan para pengendara sepeda motor kopling ketika melewati tanjakan. Yamaha

Safety Riding

Teknik Melibas Tanjakan dengan Motor Kopling

Otomotif safety riding
Ekawan Raharja • 01 Oktober 2020 18:25
Jakarta: Sepeda motor dengan transmisi manual yang dilengkapi kopling hingga sekarang ini masih banyak dipasarkan kepada konsumen di Tanah Air. Mengendarai sepeda motor ini memang membutuhkan kemampuan khusus karena pengendara harus mengoperasikan kopling untuk berbagai kondisi jalanan.
 
Ada sejumlah teknik wajib yang harus diketahui para pengguna motor kopling untuk mempermudah pengoperasiannya, dan salah satunya adalah cara melalui tanjakan. Berikut tips dari laman resmi Federal Oil tentang bagaimana teknik melewati jalan tanjakan dengan motor kopling;

1. Pindahkan Transmisi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mempertahankan kestabilan laju motor supaya motor kamu dapat dengan mudah melibas tanjakan, jangan sampai menggunakan gigi transmisi lebih dari 3. Karena semakin tinggi gigi yang digunakan untuk melaju, maka semakin berat bagi kendaraan untuk menanjak jalanan tersebut.
 
Biasanya, posisi persneling yang direkomendasikan untuk melibas tanjakan berkisar di angka 2 maupun 3. Namun, jika masih terasa berat, kamu bisa menurunkannya hingga ke gigi 1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Halaman Selanjutnya
  2. Jangan Tambah Gigi…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif