Touring komunitas Honda BeAT. Honda
Touring komunitas Honda BeAT. Honda

Tips Otomotif

5 Penyakit Musiman Skuter Matik

Otomotif tips motor tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 20 Januari 2021 12:00
Jakarta: Penggunaan Skuter Matik (skutik) di Indonesia sangat tinggi, dan banyak digunakan oleh berbagai golongan masyarakat. Meski demikian, nyatanya masih banyak yang tidak acuh terhadap kondisi kuda besi dan tidak jarang mengalami kerusakan berat.
 
Federal Oil melalui situs resminya membeberkan sebenarnya ada 5 macam penyakit musiman yang dialami oleh skutik. Lantas apa saja penyakit musiman motor tanpa gigi tersebut?
 

1.Tarikan Gas Berat

Skutik itu hampir 80 persen performanya bergantung kepada tarikan gas. Untuk itu, kalau tidak pintar-pintar merawat maka bisa jadi tarikan gas akan menjadi berat.
 
Tarikan gas ini menjadi berat bisa jadi karena filter udara kotor karena tercampur partikel kotoran dan debu. Sehingga bikin tarikan motor jadi suplai tenaga tidak maksimal dan membuat tarikan gas terasa berat,
 
Cara mengatasinya gampang, cukup dengan rajin-rajin cek kondisi saringan udara. Skutik sekarang ini sudah banyak yang menggunakan filter udara jenis basah, dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala. 
 

2. Suka Mati Mendadak

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselerasi kurang, bikin kuda besi suka tiba-tiba mendadak mati.
 
Cara mengatasi masalah tersebut, segera bawa skutik kesayangan ke bengkel untuk di-setting sesuai standar karena satuan yang digunakan adalah untuk klep ini berbeda-beda. Biar tidak salah, sebaiknya melakukan pengaturan langsung ke bengkel resmi atau yang sudah terpercaya
 

3. Mesin Terlalu Panas Saat Dipakai

Penyebab panas atau overheat pada mesin karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat.  Overheat terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati.
 
Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet di liner boring. 
 
Solusi untuk mengatasinya bisa dengan cara menunggu mesin sampai benar-benar dingin. Setelah itu, lepaskan busi, masukkan oli yang baru melalui lubang busi.
 
Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, menyalakan motor menggunakan starter elektrik.
 

4. Tarikan Gas Tidak Stabil

Gas tidak stabil karena lubang kecil tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator tersumbat. Sumbatan ini bikin sirkulasi udara jadi hilang, sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir. 
 
Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.
 

5. Cakram Terlalu Panas Saat Dipakai

Rem adalah salah satu bagian dari skutik yang paling cepat rusak. Wajar kalau cepat rusak karena sering dipakai, apalagi kalau melewati jalan turunan. 
 
Solusi mengatasi hal ini dengan mengerti tanda-tanda kanvas rem itu sudah tidak maksimal mencengkram. Tanda-tandanya ketika handle rem depan atau belakang ditekan kuat-kuat, tangkai rem terasa keras, serta pengereman kurang pakem atau handel rem terasa dalam saat ditekan. 
 
Kalau sudah merasakan itu di skutik kesayangan, maka segera ganti kanvas rem agar rem jadi optimal dan rem tidak blong.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif