Defogger ini cukup membantu untuk mengusir embun dari kaca mobil. Yourmechanic
Defogger ini cukup membantu untuk mengusir embun dari kaca mobil. Yourmechanic

Optimalkan Fitur Defogger Mobil saat Hujan

Otomotif tips mobil tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 06 Desember 2018 19:50
Jakarta: Bagi sebagian mobil keluaran terbaru biasanya telah dilengkapi dengan fitur defogger. Fungsinya untuk mengusir embun di kaca mobil, terutama saat musim hujan.
 
Saat musim hujan, suhu lingkungan bisa menjadi lebih rendah. Hal ini menimbulkan embun/kondensasi air di kaca depan atau belakang. Nah, defogger ini cukup membantu untuk mengusir embun dari kaca mobil.
 
Hampir semua mobil modern memanfaatkan udara yang dihembuskan dari ventilasi di bagian dashboard untuk menghilangkan embun di kaca depan. Bisa dengan menggunakan kipas yang juga digunakan untuk pengatur suhu kabin mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan model elektrik banyak dimanfaatkan di bagian kaca belakang. Garis-garis di kaca belakang mobil adalah defogger elektrik yang akan menghantarkan energi listrik/panas. Dengan begitu embun hilang.
Optimalkan Fitur Defogger Mobil saat Hujan
Defogger akan sangat membantu. Terlebih mobil sedan yang tak memiliki wiper kaca belakang. Fitur ini pun tak perlu perawatan khusus. Cukup menjaga agar jangan sampai ada garis cokelat yang terputus.
 
Simbol defogger untuk kaca depan adalah seperti seperempat lingkaran dengan simbol tanda panah berbelok dari bawah. Sedangkan defogger untuk kaca belakang berbentuk kotak dengan tanpa panah berbelok dari bawah.
 
Training Director The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan, menjelaskan jarak ideal saat mengemudi di bawah guyuran hujan lebih jauh dari kondisi biasanya. Dia berucap jarak ideal antar mobil saat hujan adalah 4-5 detik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif