Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi mobil usai digunakan liburan. Auto2000
Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi mobil usai digunakan liburan. Auto2000

Tips Otomotif

6 Sektor Di Mobil yang Harus Diperiksa Usai Liburan

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 04 Januari 2021 09:00
Jakarta: Masyarakat kini sudah usai melewatkan libur Natal dan tahun baru, serta siap untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala. Bagi kemarin yang memanfaatkan libur untuk bepergian dengan mobil kesayangan, jangan lupa untuk memeriksakan kondisinya.
 
Selama dipakai berlibur, mobil pasti menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan, belum lagi jika terkena macet di jalan. Oleh sebab itu, Auto2000 menyarankan 6 sektor yang harus diperiksa untuk memastikan mobil kesayangan siap untuk dipakai kembali;
 

1. Cek Ban

Si karet bundar kerap dilupakan, padahal ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalan. Alhasil, ban harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilalui ketika berlibur.
 
Ditambah, saat liburan mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil.
 
Jika ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. Jangan lupa pula memeriksa ban cadangan.
 

2. Periksa Oli Mesin

Mesin beroperasi dalam kondisi yang berat karena membawa banyak muatan dalam perjalanan panjang. Karena itu dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen sehingga mesin dapat bekerja secara optimal.
 
Makanya, pastikan volume oli mesin sesuai takaran. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Jika kondisi tersebut tampak ketika melakukan pengecekan, segera bawa mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.
 
Halaman Selanjutnya
  3. Waspada Kolong Mobil…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif