Mencegah piringan tergores jangan tunda ganti kampas rem. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Mencegah piringan tergores jangan tunda ganti kampas rem. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Ini Penyebab Kampas Rem Mobil Matic Cepat Habis

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 13 Januari 2019 13:10
Jakarta: Bukan rahasia lagi jika penggunaan komponen pengereman di mobil bertransmisi otomatis cenderung lebih pendek dibandingkan pada mobil tipe manual. Lantaran peranti ini lebih berfungsi dalam situasi lalu lintas stop & go atau deselerasi ketimbang mobil bertransmisi manual.
 
Menurut Fahmi pebengkel mobil di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, ini menjadi alasan betapa pentingnya melakukan pengecekan rutin pada sistem pengereman mobil bertransmisi otomatis. Terlebih saat mobil usia digunakan dalam perjalanan panjang dan dalam kondisi macet seperti di musim libur lebaran baru-baru ini.
 
Merujuk usia pakai yang telah dianjurkan pabrikan, rata-rata kampas rem mobil matic mampu menempuh jarak hingga 35-40 ribu kilometer. Ini hanya setengah dari usia pakai kampas rem mobil manual yang bisa mencapai 60-70 ribu kilometer. Usia pakai juga dipengaruhi gaya mengemudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini Penyebab Kampas Rem Mobil Matic Cepat Habis
Minyak rem di tabung pengisian berkurang tanda kampas rem mobil matic sudah tipis atau habis.
 
“Tanda-tanda kampas rem mobil matic sudah tipis atau habis, minyak rem di tabung pengisian berkurang (jika tidak ada kebocoran), rem bergetar, terdengar suara gesekan besi dengan besi saat mengerem, dan pedal rem yang semakin dalam,” kata Fahmi.
 
Tanda kampas rem aus bisa dilihat dari keluarnya sisa kotoran kampas rem, yang biasanya terlihat dan menempel di pelek mobil. Jika mobil matic berpenggerak roda depan, maka sisa kotoran kampas rem banyak terlihat di pelek depan, pun sebaliknya.
 
Agar tidak merembet ke komponen cakram/piringannya, Fahmi menyarankan agar segera melakukan penggantian kampas rem jika sudah aus. Sebab jika ditunda bisa bikin cakram/piringan tergores dan akan membuat pengereman tidak optimal. Selain itu akan memperpendek usia kampas rem yang baru dipasang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif