Mobil LCGC biasanya menggunakan pelumas 0W20. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mobil LCGC biasanya menggunakan pelumas 0W20. Medcom.id/Ekawan Raharja

Kesalahan yang Acap Dilakukan Pemilik LCGC Ketika Servis

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 03 Desember 2018 15:15
Karawaci: Sekarang ini sudah banyak pemilik mobil low cost green car (LCGC) yang ada di Indonesia. Meski demikian, masih ada kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil tersebut.
 
Director PT Surganya Mobil Indonesia, Wing Wiryadi Joe, menjelaskan banyak pemilik mobil LCGC yang melakukan servis di bengkel Mobeng yang dikelolanya. Rata-rata pemilik LCGC masih suka salah ketika melakukan perawatan rutin, khususnya pergantian pelumas.
 
"LCGC itu pakai pelumas khusus. Mobil ini harusnya pakai oli dengan spesifikasi 0W20. Tapi, banyak yang cari murah, dikasih 10W40,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesalahan yang Acap Dilakukan Pemilik LCGC Ketika Servis
 
Dilanjutnya kesalahan penggunaan pelumas ini tentu menghilangkan esensi mobil LCGC. Ketika mobil ini di desain agar irit bahan bakar dan ramah lingkungan, tetapi penggunaan pelumas yang salah membuat mobil menjadi boros dan performa tidak maksimal.
 
"Hal ini dikarenakan pelumas lebih kental, dan akhirnya membuat mesin bekerja lebih keras dan boros."
 
“LCGC seharusnya mobil hemat bahan bakar. Tapi kalau pakai 10W40 malah jadi boros, sebab banyak kerak di mesin,” jelasnya.
 
Di Indonesia ada beberapa mobil LCGC seperti Toyota Agya, Datsun Go+ Panca, atau Honda Brio Satya. Jadi jangan salah lagi ganti pelumas mobil anda.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi