Memilih ban motor yang pas dan nyaman di motor matic. Medcom.id/Ahmad Garuda
Memilih ban motor yang pas dan nyaman di motor matic. Medcom.id/Ahmad Garuda

Memilih Ban Tubeless

7 Cara Mudah Memilih Ban Tubeless buat Motor Matic (Bag. 2)

Otomotif ban motor
Ahmad Garuda, M. Bagus Rachmanto • 28 Juli 2020 16:08
Jakarta: Memilih ban yang sesuai untuk kebutuhan motor bertransmisi otomatis, tentu bukan hal yang sulit. Namun perlu sedikit ketelitian jika ingin menyesuaikan dengan gaya berkendara dan tingkat kenyamanan Anda. Di bagian pertama kami sudah memaparkan 4 dari 7 Cara mudah memilih ban tubeless untuk motor matic. Tiga kriteria lainnya kami beberkan di sini.

5. Sesuaikan Ban dengan Pelek Bawaan Motor

Selain itu, jangan lupa jenis dan ukuran disesuaikan dengan pelek motor yang akan dipasangi ban. Hal ini tentu agar ban yang dibeli tidak sia-sia. Pelek motor matic mempunyai ukuran yang berbeda setiap jenisnya.
 
Jika Anda tidak memilih jenis ban yang sesuai dengan peleknya, maka ban tersebut tidak akan bisa dipasang. Sedangkan bagi yang bingung dan takut salah, Anda bisa langsung bertanya sekaligus memasangnya di bengkel tempat membeli agar pilihan lebih akurat.

6. Beli Ban Sesuai Budget, Namun Perhatikan Kualitasnya

Sebagaimana produk otomotif pada umumnya, ban juga memiliki harga yang cukup variatif. Nah, jika Anda membeli ban, akan lebih baik jika menyesuaikan dengan budget yang sudah dianggarkan. Apalagi jika waktu mengganti ban pun berbarengan dengan perawatan rutin motor yang biayanya juga banyak.
 
Alangkah baiknya budget untuk motor ini dibagi-bagi terlebih dahulu sehingga bisa lebih merata. Penggunaan motor pun nantinya juga akan lebih maksimal. Namun demikian, jangan lupa bahwa kualitas adalah hal utama yang tetap harus diperhatikan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada umumnya, berbeda tipe memang berbeda juga kualitasnya. Namun, ada tipe produk yang harganya menengah namun kualitasnya sudah cukup baik. Jenis inilah yang direkomendasikan jika budget Anda pas-pasan. Apalagi jika kebutuhan lintasan tidak berat, maka ini sudah sangat cukup.

7. Memeriksa Tekanan Angin yang Dibutuhkan

Cara memilih ban tubeless untuk motor matic yang berkualitas terakhir yakni dengan mengecek kapasitas tekanan angin yang dibutuhkan pada ban. Dalam hal ini, pengguna bisa melihat pada keterangan yang tertera pada deskripsi produk. Jika tidak ada bisa ditanyakan langsung pada penjualnya.
 
Memperhatikan tekanan angin pada ban ini penting karena penyumbang kekuatan terbesar pada ban adalah tekanan anginnya. Ketika tekanan angin pada ban kurang, maka kekuatan dan ketahanan ban pun akan berkurang.
 
Kondisi ban yang seperti ini bila dibiarkan akan mengurangi ketahanannya. Maka dari itulah, mengisi tekanan ban yang pas sangat penting agar ia dapat beradaptasi pada lintasannya.
 
Tidak jarang orang memperhatikan tekanan ban sebelum bepergian untuk menjaga keselamatan ketika dalam perjalanan. Ini adalah kebiasaan yang baik dan sebelum membeli untuk keamanan dan keawetan ban.
 

(UDA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif