Jangan sembarangan menambah pelumas jika volumenya di dalam mesin berkurang. Federal Oil
Jangan sembarangan menambah pelumas jika volumenya di dalam mesin berkurang. Federal Oil

Komponen Mesin Mulai Aus, Jangan Buru-Buru Tambah Pelumas

Otomotif tips mobil tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 01 Oktober 2019 08:48
Jakarta: Ada beberapa kondisi yang menyebabkan pelumas di mesin sepeda motor berkurang dan menyebabkan kinerja tidak maksimal, seperti kondisi komponen mesin yang mulai aus. Bila mengalami kondisi itu, jangan buru-buru dituang pelumas baru untuk menambah kekurangan cairan di dalam mesin.
 
Trainer Federal Oil Mechanic Academy, Nurudin, menerangkan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebab pelumas bisa berkurang. Mengingat menambah pelumas tidak serta-merta menyelesaikan masalah yang ada di mesin.
 
"Hal pertama yang dicari itu penyebabnya kenapa. Mungkin mesin sudah mulai aus, makanya susut. Kalau tiba-tiba menambah pelumas itu tidak efektif, tapi dalam kondisi darurat boleh," ungkap Nurudin kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila penyebabnya sudah diketahui seperti komponen mesin sudah mulai aus, baru dicari solusinya. Ada dua cara yang bisa dilakukan, bisa dengan cara mengganti pelumas yang aus atau mengganti pelumas dengan viskositas yang lebih kental.
 
Bila mengganti komponen yang sudah aus, maka pemilik sepeda motor bisa kembali menggunakan pelumas dengan viskositas yang sama dengan standar awal. Sehingga kondisi mesin bisa bekerja seperti sedia kala.
 
Nurudin juga menjelaskan menambah pelumas juga berpengaruh terhadap kinerja pelumas. Mengingat pelumas yang ada di dalamnya sudah mengalami penurunan performa usai digunakan, sedangkan yang baru masih memiliki performa pelumas yang optimal.
 
"Fungsi utama pelumas itu sebagai bantalan antara dua komponen yang bergesekan. Sebaiknya juga menggunakan pelumas yang spesifikasinya tepat."
 
Bila pelumas di dalam mesin terlalu encer memang kinerja mesin lebih enteng namun tidak maksimal dalam memberikan perlindungan komponen yang bergesekan. Sedangkan untuk pelumas yang lebih kental membuat kinerja mesin lebih berat dan lebih panas.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif