Rutin cek volume air cegah mesin mobil overheating.Guysautomotive
Rutin cek volume air cegah mesin mobil overheating.Guysautomotive

Pentingnya Mengecek Air Radiator Setelah Perjalanan Jauh

Otomotif perawatan kendaraan tips otomotif
M. Bagus Rachmanto • 23 Oktober 2019 09:52
Jakarta: Perawatan mobil setelah melakukan perjalanan jauh sangat diperlukan. Hal ini agar kondisi mobil tetap prima saat kembali dipakai untuk harian. Apalagi, mobil yang Anda gunakan juga dipakai untukaktifitas harian.
 
Dilansir website resmi Mobil88, radiator salah satu komponen yang penting di mobil. Untuk itu penting dan wajig melakukan pengecekan berkala komponen yang satu ini, caranya dengan mengecek volume air radiator.
 
Pasalnya, air radiator bersifat menguap, dan air dapat habis jika mobil digunakan dalam waktu lama lantaran mendinginkan suhu mesin mobil yang semakin panas. Sebaliknya, jika air radiator urung dicek atau diganti dan diisi ulang, maka bisa membuat mesin menjadi panas atau disebut overheat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, jika mesin overheat, maka dapat berimbas pada menurunnya kinerja mesin, dan membuat performa mobil akan menurun.
 
Masalah akibat air radiator jika tidak dicek dan diisi ulang ini belum selesai. Pasalnya, jika mesin overheat, masalah lainnya yang akan timbul yaitu sejumlah komponen atau parts yang tersambung dengan sistem pendingin dan kinerja mesin rusak. Khususnya pada bagian blok mesin, termasuk stang piston melengkung atau bengkok sehingga tak lagi bergerak atau macet.
 
Apabila komponen-komponen yang disebutkan di atas rusak, tentu saja untuk melakukan perbaikan dibutuhkan biaya mahal dan memakan waktu cukup lama.
 
Karena itu, pengecekan air radiator ini pada dasarnya sangat penting, karena caranya sangat mudah, yaitu cukup mengisi airnya ketika mesin kondisinya sudah dingin atau sebelum digunakan.
 
Selain itu, isi juga tangki reservoir atau cadangan yang letaknya berdekatan dengan radiator. Isi cairannya harus pas yah jangan berlebihan.
 
Kemudian, pastikan mengisi cairan radiator ini secara berkala, terlebih ketika sudah dipakai.
 
Terakhir, pastikan setelah mengisi air radiator, pastikan tutup tangki dipasang dengan benar dan erat. Jika tak begitu, air bisa saja muncrat ketika suhu mencapai titik didih.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif