Ilustrasi. suzuki
Ilustrasi. suzuki

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Setang Jepit pada Motor

Otomotif motor balap tips motor modifikasi motor tips otomotif
Adri Prima • 03 Juni 2021 17:25
Jakarta: Setang jepit secara umum memiliki bagian terpisah antara bagian kanan dan kirinya. Setang ini biasanya dipasang dengan cara menjepit langsung pada bagian pipa shockbreaker sisi atas maupun di bawah segitiga. Posisi setang ini bisa diatur sesuai kebutuhan setiap penggunanya.
 
Setang jepit juga dikenal dengan sebutan setang clip on atau handlebar clip on. Pada umumnya komponen ini biasa digunakan oleh pengguna motor modifikasi yang menginginkan motor dengan sensasi berbeda. 

Kelebihan Stang Jepit


Ada beberapa kelebihan yang menjadi alasan jenis setang jepit banyak digunakan. Mengutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini beberapa kelebihan setang jepit.
 
1. Membuat tampilan motor menarik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelebihan pertama yang dimiliki adalah tampilannya menarik. Tentunya bagi pecinta balap motor, yang fokus pada bentuk atau tampilan motor. 
 
Tidak hanya menambah aura sporty motor, setang jepit juga bisa dimodifikasi lagi. Anda bisa memberinya berbagai sentuhan. Mulai dari desain dan warna polos, hingga diberi corak bermotif untuk membuatnya semakin menarik.
 
2. Desain keren
 
Selain tampilan menarik, desain yang keren juga menjadi salah satu kelebihan setang jepit. Desain ini bisa dicustom sesuai selera. Pada umumnya, pemilihan desain setang ini akan mempertimbangkan dari gaya atau basic genre motor yang diusungnya.
 
3. Mengurangi hambatan udara
 
Pada saat menggunakan setang standar, biasanya hembusan angin di perjalanan begitu menyiksa dada. Namun, hal ini tidak terjadi apabila Anda menggantinya dengan setang jepit ini. Stang ini bisa membantu menangkal angin yang tentunya sangat cocok digunakan untuk bepergian malam.
 
Penggunaannya membuat tubuh tidak terkena hembusan angin secara langsung karena posisi tubuh jadi menunduk.
 
4. Meningkatkan performa motor
 
Keunggulan lain setang jepit yakni menunjang performa motor. Hal ini bisa dilihat saat motor melewati tikungan yang tentu saja membuat penggunanya jadi lebih percaya diri.
 
Setang jepit akan memudahkan pengendaranya saat melewati tikungan yang tajam dan bisa mengurangi risiko kecelakaan. Pengendara pun bisa menyesuaikannya dengan kecepatan yang digunakannya dalam berkendara agar tetap aman.

Kekurangan Stang Jepit


Selain memiliki banyak kelebihan, namun ternyata setang jepit punya beberapa kekurangan. Hal ini bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan menggunakannya setang jepit.
 
Anda harus memastikan apakah jenis setang ini cocok atau tidak untuk kebutuhan. Berikut ini beberapa kekurangan setang jepit.
 
1. Getaran lebih terasa
 
Penggunaan setang jepit membuat getaran motor akan lebih terasa. Tentu saja banyak yang tidak menyukai hal ini dan lebih suka motor yang tenang. Jika Anda salah satunya, maka tidak disarankan mengganti stang standar kendaraan ke jenis stang ini.
 
2. Membuat pengendara cepat lelah
 
Setang jepit memang bisa mengurangi hembusan angin ke tubuh. Namun hal ini bisa menyebabkan badan menjadi lebih capek. Pasalnya posisi pengendara jadi membungkuk dan membuat punggung sakit. Apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh, tentu saja pengendara akan lebih lelah. 
 
3. Shock depan boros
 
Kekurangan lainnya terletak pada shock depan yang lebih boros dibandingkan saat menggunakan jenis setang standar. Hal ini karena penggunaannya yang harus diturunkan beberapa sentimeter dari posisi awalnya, sehingga alat ini pun tidak bisa menahan bobot berat dalam waktu lama.
 
Terutama apabila melewati jalanan yang rusak, tentu saja shock depan harus bekerja lebih keras dan membuatnya jadi boros. Jadi jika Anda ingin shock depan lebih awet, tidak disarankan menggunakan jenis setang jepit.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif