Tips Knowledge

Tahu Baiknya Memperlakukan Mesin Diesel Turbo

Ekawan Raharja 24 Oktober 2018 16:00 WIB
tips knowledge
Tahu Baiknya Memperlakukan Mesin Diesel Turbo
Mesin diesel harus diperlakukan secara khusus. Hyundai
Jakarta: Mesin turbo kini semakin banyak digunakan di mobil-mobil terbaru di Indonesia. Bahkan untuk mesin diesel juga kini sudah banyak membenamkan teknologi turbo untuk meningkatkan kemampuannya, meski kubikasinya tidak sebesar mesin-mesin jaman dahulu.

Berbicara perawatan tentukan harus diperhatikan biar tidak mengalami masalah. Laman resmi Hyundai membeberkan sejumlah cara untuk merawat mesin diesel turbo tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Paling penting, pemilik mobil harus sering mengganti pelumas. Pastikan gunakan pelumas khusus karena mesin turbo akan bekerja lebih berat.


Pelumas harus bisa melumasi dengan baik seluruh komponen bergerak di mesin. Mengingat turbin dari turbo ini mampu berputar di atas 240 ribu rpm.

Untuk jangka waktu pergantian mesin, lebih cepat dari yang disarankan akan lebih baik. Misalnya untuk mobil diesel lama pergantian oli per 5.000 kilometer (km). Cuma sekarang sudah 4.000 km lebih baik sudah harus mengganti oli tersebut.

Penggunaan bahan bakar berkualitas juga mempengaruhi kondisi dan kemampuan. Memang performa akan menjadi lebih baik karena proses pembakaran di ruang mesin bakal lebih sempurna dan tidak meninggalkan sisa gas buang yang masih mengandung partikel solar, dan bisa menempel pada turbin turbo dan ikut terbakar sehingga menyebabkan turbin terbakar dan terkikis.

Terakhir, sebagai pemilik mobil diesel berturbo, sudah seharusnya mengetahui cara menyalakan dan mematikan mesin. Saat menyalakan mesin, jangan langsung digeber, dan ketika mematikan mesin, harus dalam keadaan idle. Alasannya ketika turbin masih berputar sekitar 15 ribu rpm, dan kontak sudah dimatikan, maka oli sudah berhenti melumasi, padahal masih ada salah satu komponen mesin turbo yang masih bekerja.

Nah sudah tahukan caranya. Jadi jangan sembarangan memperlakukan mesin diesel turbo anda.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id