Tips Knowledge

Musim Hujan, Wajib Cek Kondisi Pelumas Motor

Ainto Harry Budiawan 14 Februari 2018 16:58 WIB
tips motor
Musim Hujan, Wajib Cek Kondisi Pelumas Motor
Melewati genangan air bisa sebabkan air menerobos kedalam mesin. Dok. Medcom
Jakarta: Musim hujan seperti saat ini terkadang membuat ruas jalan kerap digenangi air. Meski bisa dilewati, nyatanya sepeda motor jadi kendaraan yang paling rentan terdampak efek menerobos genangan air ini.

Salah satunya soal pelumas. Air bisa merembes masuk ke ruang mesin dan merusak fungsi pelumas di dalamnya. Warna pelumas yang tercampur air akan menjadi seperti putih susu atau cokelat dan lebih encer.

"Pantau dari dipstick saja, lihat volume dan warna olinya," ujar Ari Kuncahyo, Mekanik TDR Technology Center. Air bisa masuk ke dalam mesin lewat lubang knalpot, hingga tutup lubang pengisian yang tak rapat.

Efek buruk yang dihasilkan jika kondisi oli memutih dan encer adalah mesin tidak terlumasi dengan baik. Beberapa komponen berpotensi tergores, rusak dan tidak tahan terhadap panas. Jika dibiarkan, siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.


Tambahan untuk pengguna motor matik. Selain pelumas untuk mesin, pada transmisi CVT juga terdapat pelumas untuk gir rasio. Posisinya berada dalam CVT bagian paling belakang.

Pelumas pada gir rasio bisa terkontaminasi air akibat ada selang hawa yang bocor. Efeknya roda gigi yang tak terlumasi akan aus dan menimbulkan suara mengganggu.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id