Rawat kondisi ban meski mobil tidak digunakan selama PSBB. Michelin
Rawat kondisi ban meski mobil tidak digunakan selama PSBB. Michelin

Tips Otomotif

Cara Mudah Merawat Ban Di Tengah Kondisi PSBB

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 05 Oktober 2020 10:00
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 10 Oktober mendatang, dan membuat banyak masyarakat yang harus memarkirkan mobilnya di garasi dalam waktu cukup lama. Meski mobil terparkir begitu saja, mobil harus diperhatikan kondisinya agar tetap prima dan tidak mengalami masalah ketika hendak digunakan.
 
Pemilik mobil bisa melakukan perawatan ringan, khususnya kondisi ban, di rumah untuk memastikan kondisinya baik-baik saja. Michelin membagikan beberapa tips untuk memastikan ban mobil selalu dalam keadaan prima selama PSBB dan siap untuk melaju kembali saat diperlukan. Berikut tips-tips merawat ban dari Michelin Indonesia:

1. Pantau Tekanan Angin Ban

Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi Ban, mengatakan tekanan angin merupakan faktor penting untuk menjaga agar kondisi ban tetap prima. “Kurang mengisi angin atau mengisi secara berlebih, dapat mengakibatkan ban aus lebih cepat, mengurangi cengkraman, dan menjadikan lebih boros bahan bakar,” kata Fachrul Rozi.
 
Untungnya, hanya perlu beberapa menit dalam sebulan untuk membantu memastikan keamanan ban. Rozi menyarankan untuk secara rutin memeriksa tekanan ban (tire pressure), termasuk ban cadangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waktu yang disarankan adalah setiap bulan sekali. Alasannya, meskipun tidak ada kerusakan yang terlihat di permukaan, ban bisa kehilangan tekanan udara hingga 1 psi (pound per inci persegi) setiap bulan. Hal ini dapat dipercepat oleh kebocoran udara karena kebocoran yang tidak disengaja, kebocoran pada katup atau tutup katup, atau kerusakan roda.
 
Halaman Selanjutnya
  2. Pastikan Kelayakan Tapak…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif