Posisi Ban Saat Parkir Mobil
Sesuaikan posisi ban dengan kondisi jalan saat parkir mobil biar lebih awet dan aman. BC Driving
Jakarta: Ban mobil perlu mendapat perhatian ekstra agar bisa tetap awet dan nyaman saat digunakan. Tapi tahukah Anda jika posisi ban yang tidak benar saat memarkir mobil juga mempengaruhi usia si karet bundar.

Menurut Assistant Director Sales and Marketing Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Paduli, karakter atau kondisi jalan adalah hal utama yang mesti diperhatikan ketika parkir mobil. 

"Posisi ban yang benar saat parkir mobil tidak hanya menjaga keausan ban, faktor keselamatan juga salah satu yang perlu yang diperhitungkan," kata Frankie kepada Medcom.id di acara Bridgestone Ecopia, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.


Di tempat yang normal atau kondisi jalan rata, parkir mobil dengan posisi ban yang lurus, jangan menyerong atau berbelok. Hal ini dilakukan agar tingkat keausan ban merata di setiap sisi. Dengan begitu kondisi keempat ban tetap sama dan seimbang.

Sementara parkir mobil di kondisi jalan turunan ataupun tanjakan, posisi ban yang disarankan adalah sedikit dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, ke arah trotoar yang ada di sebelah kiri atau kanan bodi mobil.

Dengan posisi ban depan seperti ini, cengkraman ban akan lebih maksimal dan kemungkinan mobil nyelonong bisa diminimalisir. Sebaliknya, jika memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, agar aman dan risiko nyelonong sendiri bisa diminimalisir, membelokkan sedikit posisi ban bagian depan berlawanan sisi trotoar sangat disarankan.

Selain itu untuk mobil-mobil bertransmisi otomatis, jangan lupa letakkan tuas transmisi di posisi parkir (P). Mode transmisi ini juga menjaga agar mobil tidak bisa bergerak karena sekalian mengaktifkan rem parkir sekaligus.

Sedangkan untuk transmisi manual, jangan lupa mengaktifkan rem parkir. Hal ini untuk menjaga mobil tidak bergeser ketika parkir di tanjakan atau turunan.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id