Ganti pelek wajib sesuaikan ukuran offset agar komponen kaki-kaki lebih awet. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Ganti pelek wajib sesuaikan ukuran offset agar komponen kaki-kaki lebih awet. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Tips Knowledge

Ganti Pelek Aftermarket? Wajib Perhatikan Hal Berikut

Otomotif komponen aftermarket tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 23 Januari 2020 14:20
Jakarta: Menggunakan pelek aftermarket berukuran besar dan tapak ban mobil yang lebar banyak dilakukan pencinta otomotif. Banyak orang melakukan hal itu untuk mempercantik mobil atau ingin membuat penampilan mobil tampak lebih gagah.
 
Sebelum mengganti pelek mobil standar bawaan pabrikan dengan pelek aftermarket, ada baiknya Anda memilih offset yang pas. Tujuannya agar pelek baru yang dipasang nyaman dan aman saat digunakan, serta tidak merusak komponen yang lain, terutama bagian kaki-kaki.
 
Manager Community PT Tri Karya Birawa (TKB) Group Indonesia, Aldy Rais, mengatakan offset ialah jarak penampang dengan bagian tengah pelek, atau ukuran permukaan tengah pelek (menjorok ke dalam atau ke luar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengetahui banyak konsumen yang ingin memodifikasi mobilnya namun sulit untuk menentukan pilihan pelek yang cocok untuk kendaraanya. Untuk itu pelek MYTH series ini hadir untuk menjawab kebutuhan itu," kata Aldy saat peluncuran pelek MYTH Series di Jakarta, Kamis (23/1/2020).
 
Lebih lanjut Aldhy menjelaskan, ukuran offset pada pelek biasanya ditunjukan dengan tanda positif (+), negatif (-) dan juga Nol. Contoh, pelek 19 x 8J ET40 dan PCD 4/114.3, artinya diameter lingkar pelek 19 inci, lebar 8 inci, ukuran offset +38 mm (offset positif), dengan 4 baut dan PCD 114.3 mm.
 
Aldhy mengingatkan, jika ingin mengganti pelek sebaiknya pilih yang offset-nya sesuai dengan ukuran yang sesuai standar pabrikan. Pemasangan pelek dengan offset yang tidak sesuai berefek pada posisi pelek dan as roda yang tidak seimbang. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyaman berkendara, terutama ketika mobil melintasi jalan rusak atau tikungan.
 
Hal lain yang mesti diperhatikan pemilik mobil adalah pemilihan ban yang sesuai. Ia juga mengatakan agar pemilik kendaraan selalu mengecek balancing roda mobil. Pilih ban yang sesuai, semakin tipis ban maka kekuatan pelek menurun. Dan jangan lupa untuk selalu mengecek balancing roda mobil, minimal enam bulan sekali," sambungnya.
 
Alangkah baiknya ketika Anda memilih atau membeli pelek aftermarket, pertimbangkan dan utamakan faktor keselamatan maupun kenyamanan berkendara, jangan hanya sekadar memikirkan tampilan luarnya saja.
 
Sebagai informasi, pelek MYTH series dipasarkan dalam lima varian, mencakup MYTH 1, MYTH 2, MYTH 3, MYTH 4 dan MYTH 5 yang memiliki banderol mulai dari Rp5 juta hingga Rp13 juta.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif