Kualitas ban yang buruk bisa menyebabkan tragedi ban pecah saat nge-drift dan berakhir berakibat fatal pada drifter ketika sedang beraksi. Intersport
Kualitas ban yang buruk bisa menyebabkan tragedi ban pecah saat nge-drift dan berakhir berakibat fatal pada drifter ketika sedang beraksi. Intersport

Pilihan Ban Tepat untuk Belajar Drifting

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 14 Mei 2019 10:51
Jakarta: Sama seperti mobil balap, mobil drifting harus dibekali dengan spesifikasi khusus. Selain mempertimbangkan dimensi, bobot, suspensi dan mesin yang digendong, mobil drifting pun harus dibekali dengan ban khusus yang memang didesain untuk aktivitas ini.
 
Di dunia drifting, sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus ban seperti apa yang harus digunakan. Hanya saja ban yang digunakan wajib traksi atau memiliki daya cengkram yang baik, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.
 
Makanya sebelum beraksi biasanya para drifter akan melakukan burnout dengan harapan gesekan panas antara aspal dan ban akan menghasilkan daya cengkram yang lebih maksimal. Ini sangat penting untuk menghindari tragedi kehilangan kontrol saat nge-drift.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pilihan Ban Tepat untuk Belajar <i>Drifting</i>
 
Selain itu, ban pun harus long last alias memiliki daya tahan yang baik. Ini Penting, mengingat kualitas ban yang buruk bisa menyebabkan tragedi ban pecah saat nge-drift dan berakhir berakibat fatal pada drifter ketika sedang beraksi.
 
Jangan khawatir juga jika ban drift digunakan sehari-hari kok. Jadi tidak ada salahnya langsung memilih kualitas ban terbaik, karena penggunaannya tidak terbatas untuk drifting saja.
 
Konsep utama dari mobil drifting adalah, harus berpenggerak roda belakang (RWD). Hal ini disebabkan karena penggerak roda belakang punya gejala khusus yang bernama oversteer, dan kondisi ini bisa dikontrol dengan set up geometri suspensi yang benar. Untuk suspensi yang digunakan sebuah mobil drifting harus menggunakan knuckle super angle, yang merupakan sistem pada suspensi yang dapat mempertahankan mobil bisa burnout atau drifting dalam waktu yang sama.
 
Tapi ingat kalau sedang ingin beraksi pastikan nge-drift di tempat yang memang disediakan khusus untuk latihan drifting, atau di sirkuit yang diizinkan untuk melakukan aktivitas ini. Jangan di jalanan umum karena bisa berbahaya untuk diri sendiri, dan pengguna jalan lainnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif