Jadi waktu terbaik mengecek komponen-komponen itu masih bisa bekerja normal atau tidak, ketika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Hyundai
Jadi waktu terbaik mengecek komponen-komponen itu masih bisa bekerja normal atau tidak, ketika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Hyundai

Jangan Lewatkan Pengecekan Komponen Fast Moving

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 25 Maret 2019 13:25
Jakarta: Dalam sebuah mobil terdiri dari ribuan komponen untuk bisa menjalankan sebuah mobil, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Kemudian jika melihat sifatnya, ada yang termasuk ke dalam komponen fast moving dan komponen slow moving.
 
Membahas komponen fast moving, suku cadang ini memiliki masa pergantiannya lebih cepat hingga yang jangka waktu lama. Tentunya masing-masing model memiliki suku cadang fast moving, lantas, bagaimana cara mengetahui dan mengecek kondisinya?
 
Menurut laman resmi Hyundai, umumnya suku cadang fast moving itu akan diganti mengikuti jadwal perawatan periodik dari mobil di bengkel resmi. Misalkan setiap 10 ribu kilometer atau 20 ribu kilometer sekali, ada komponen yang harus diganti. Sebagai contoh beberapa komponen yang tergolong fast moving seperti kampas rem, filter udara, filter oli, hingga busi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan Lewatkan Pengecekan Komponen Fast Moving
 
Jadi waktu terbaik mengecek komponen-komponen itu masih bisa bekerja normal atau tidak, ketika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Sebab setiap bengkel memiliki patokan tersendiri ketika ingin mengganti komponen fast moving. Tidak semua komponen fast moving diganti dalam waktu bersamaan, tetapi biasanya bergantian, misalnya filter oli setiap 10 ribu kilometer, filter udara setiap kelipatan 20 ribu km, dan seterusnya.
 
Informasi diatas juga diamini oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, yang menjelaskan suku cadang fast moving umumnya akan diganti mengikuti jadwal perawatan periodik dari mobil. Sementara untuk komponennya cukup beragam.
 
"Sesuai istilahnya, untuk jenis fast moving memang artinya komponen yang memiliki masa pakai lebih cepat. Ada pergantian reguler yang harus dilakukan pemilik mobil terhadap beberapa suku cadang yang masuk kategori fast moving karena batas pemakainya sudah habis, rusak, atau mengalami keausan karena gesekan," ungkap Indah Yuliana melalui situs resmi Auto 2000.
 
Jangan Lewatkan Pengecekan Komponen Fast Moving
 
Karena ritme penggantian yang lebih cepat, menurut Indah rata-rata jenis komponen fast moving jauh lebih banyak digunakan. Setiap mobil yang rutin melakukan perawatan berkala di bengkel resmi biasanya selalu diikuti dengan mengganti beberapa suku cadang fast moving.
 
Jenis suku cadangnya cukup beragam contoh seperti filter oli, filter udara, kampas rem, busi, dan lain sebagainya. Meski demikian tidak semua komponen tadi langsung diganti setiap melakukan servis berkala, karena tetap ada jadwalnya sendiri-sendiri.
 
"Mengenai part reguler yang kerap kali diganti saat melakukan perawatan periodik memang ada tapi tidak langsung sekaligus. Misalnya filter oli mungkin diganti setiap kali mengganti oli, bila di Toyota dianjurkan tiap enam bulan. Sementara kalau busi itu tiap kelipatan 10 ribu kilometer,” tandas Indah Yuiana.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif