Biker wajib perhatikan ketinggian air sebelum menerjang banjir. MI/Immanuel Antonius
Biker wajib perhatikan ketinggian air sebelum menerjang banjir. MI/Immanuel Antonius

Cara Mengatasi 'Keputihan' di Motor Usai Terjang Banjir

Otomotif tips motor safety riding tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 28 November 2018 11:21
Jakarta: Intensitas hujan di sebagian wilayah di Indonesia sudah semakin tinggi, termasuk di ibu kota. Tak jarang guyuran hujan menyebabkan genangan air di jalan-jalan yang kita lintasi.
 
Oleh karena itu, bagi para bikers yang sering menerjang banjir, wajib mewaspadai timbul keputihan di motor. Keputihan adalah kondisi oli yang mulai memutih dan menjadi encer.
 
Hal ini bisa saja terjadi jika air masuk dari berbagai celah. Lubang knalpot salah satu yang wajib diwaspadai, karena rawan kemasukan air saat menerobos genangan air atau banjir.
Cara Mengatasi 'Keputihan' di Motor Usai Terjang Banjir
"Kalau habis menerobos banjir, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk diperiksa atau langsung ganti oli. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi andai ada air masuk ke dalam," tutur Ahmad pebengkel yang praktek di kawasan Jatiwarna, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ahmad, efek buruk yang dihasilkan jika kondisi oli sudah mulai menjadi putih dan encer adalah mesin tidak terlumasi dengan baik. Sehingga beberapa komponen akan menjadi seret dan tidak tahan terhadap panas. Mesin bisa rusak andai dibiarkan dalam waktu yang lama.
 
Jadi mulai sekarang ada baiknya memperhitungkan ketinggian air sebelum menerobos banjir, supaya motor Anda aman dan tidak bikin susah di kemudian hari.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi