Foto sportcar terbakar di jalan tol. TMC Polda Metro Jaya.
Foto sportcar terbakar di jalan tol. TMC Polda Metro Jaya.

Jangan Anggap Enteng Tabung Pemadam Api di Mobil

Otomotif tips mobil safety driving tips knowledge
Ekawan Raharja • 07 Januari 2019 15:24
Jakarta: Masalah mobil kebakaran sekarang ini bisa saja melanda siapa saja. Para pemilik mobil pun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan alat pemadam kebakaran untuk di mobil.

Sebagai langkah awal untuk pencegahan atau penindakan, maka sebaiknya di dalam mobil menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di setiap kendaraan. Menggunakan APAR ini akan menjadi pertolongan pertama saat kendaraan terbakar.

Faktor lain yang mengharuskan menyediakan APAR di dalam mobil, yaitu kebanyakan mobil belum memiliki sensor api. Sehingga jika ada percikan api di dalam mesin, pengemudi atau penumpang tidak tahu. Kemudian dengan tersedianya APAR, bisa mencegah api menjalar lebih besar ke bagian lain karena sudah ditindak atau dipadamkan oleh APAR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Perlu diketahui juga bahwa penggunaan APAR, seperti yang tertera pada tabung pemadam yakni pertama tarik pin pengaman, arahan nozzle atau pangkal selang ke sumber api, tekan pemicu untuk menyemprot dan ayunkan ke seluruh sumber api.

Ingat juga bahwa APAR punya masa kadaluarsa, seperti dikutip dari laman resmi Hyundai. Di tabung kemasan APAR biasanya terdapat tanggal masa berlaku untuk menjelaskan usia pakai cairan ataupun bubuk pemadam api yang terdapat di dalamnya.

APAR yang habis masa berlakunya atau sudah kadaluarsa biasanya daya semprot dan fungsi cairan pemadam api yang keluar akan berkurang. Sehingga kemampuannya untuk menjinakan api sudah mulai berkurang.

Jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan APAR di mobil kesayangan. Simpan di bawah jok bagian sopir atau penumpang depan atau belakang.

Saat ini APAR untuk mobil sudah banyak dijual di berbagai toko online atau toko khusus penjual alat pemadam kebakaran. Seperti Siaga Fire yang menjajakan tabung APAR 2 kg ABC powder dengan harga baru Rp400 ribu, dan untuk isi ulang di harga Rp105 ribu.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi