Mobil sekarang tidak perlu dipanaskan berlama-lama. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mobil sekarang tidak perlu dipanaskan berlama-lama. Medcom.id/Ekawan Raharja

Memanaskan Mesin, Tak Perlu Lama-Lama Buat Mobil 'Jaman Now'

Otomotif tips mobil tips knowledge
Ekawan Raharja • 02 Januari 2019 14:37
Jakarta: Memanaskan mobil sebelum digunakan memang wajib dilakukan. Cuma bedanya, memanaskan mobil jaman sekarang sudah tidak perlu berlama-lama.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan memanaskan mobil tidak perlu sampai 10-15 menit seperti dahulu. Cukup menghidupkannya 1-2 menit, terus  pemiliknya sudah bisa menggunakannya.

"Sekarang ini hampir semuanya sudah pakai sistem injeksi. Cairan-cairan, oli, dan komponen lainnya sudah diatur dengan injeksi," ucap Jusri kepada Medcom.id melalui sambungan telepon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Engine control unit (ECU) bisa segera dengan cepat menyesuaikan kondisi mobil ketika dihidupkan. Sehingga mobil bisa langsung digunakan tanpa perlu dipanaskan berlama-lama.

"Kalau mobil dahulu, masih jaman pakai karburator, menunggu lama agar oli-oli dan bensin naik dahulu. Sekarang sudah tidak perlu."

Bahkan memanaskan mobil terlalu lama saat ini dianggap tidak efisien. Karena membuat mobil tetap melakukan pembakaran bahan bakar minyak (BBM) tetapi dalam kondisi tidak digunakan.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi