Silakan bawa ke bengkel resmi apabila ingin pengecekan menyeluruh usai mudik lebaran. Auto2000
Silakan bawa ke bengkel resmi apabila ingin pengecekan menyeluruh usai mudik lebaran. Auto2000

Tips Otomotif

8 Bagian Di Mobil yang Harus Dicek Usai Mudik Lebaran

Ekawan Raharja • 10 Mei 2022 11:00
Jakarta: Mudik lebaran 2022 sudah usai dan kini saatnya kembali ke aktivitas sehari-hari. Meski demikian, para pemudik yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi harus mengecek kondisi mobil usai dipakai perjalanan jauh saat mudik lebaran.
 
Ada baiknya mobil yang baru saja digunakan dalam perjalanan panjang mudik, dilakukan pemeriksaan kembali, supaya performanya tetap prima, ketika digunakan lagi dalam mobilitas sehari-hari. Berikut beberapa komponen yang bisa dipertimbangkan untuk dicek performanya;
 

1. Ban Mobil  

Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui, juga muatan mobil yang maksimal, membuat ban bekerja lebih ekstra. Baiknya lakukan pengecekan, dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban.
 
Bersihkan kerikil yang menempel. Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.  
 

2. Bersihkan Kolong Mobil dan Cek Komponennya  

Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa. Cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif